Komnas HAM Bahas Dialog Damai Papua dengan Komisioner Tinggi HAM PBB

yla | CNN Indonesia
Jumat, 17 Jun 2022 05:42 WIB
Komnas HAM membahas rencana Dialog Damai Papua saat bertemu Komisioner Tinggi HAM PBB, Michelle Bachelet di Jenewa, Swiss. Komnas HAM membahas rencana Dialog Damai Papua saat bertemu Komisioner Tinggi HAM PBB, Michelle Bachelet di Jenewa, Swiss. (Foto: CNNIndonesia/Adi Ibrahim)
Jakarta, CNN Indonesia --

Komisi Nasional Hak Asasi Manusia (Komnas HAM) membahas rencana Dialog Damai Papua dalam kunjungannya ke kantor PBB di Jenewa, Swiss.

Dalam pertemuan itu, Komnas HAM diwakili oleh Ketua Taufan Damanik dan dua komisioner yakni Beka Ulung Hapsara dan Mochamad Choirul Anam. Mereka bertemu dengan Komisioner Tinggi HAM PBB, Michelle Bachelet.


"Komnas HAM RI menyampaikan inisiatif dialog damai Papua," kata Taufan dalam keterangan tertulisnya, Kamis (16/6).

Taufan mengatakan dialog damai itu digagas oleh Komnas HAM sebagai upaya pendekatan penyelesaian berbagai masalah HAM di Papua. Ia mengklaim rencana itu disambut baik olek PBB.

"Michelle Bachelet menyampaikan apresiasi atas langkah Komnas HAM RI," ujar dia.

Pihaknya percaya percaya dialog damai Papua dapat terwujud. Ia berharap semua pihak dapat mendukung usaha itu.

"Berharap semakin banyak pihak yang memberikan dukungan terhadap inisiatif yang ada sehingga Papua yang adil dan damai sejahtera bisa tercapai segera," tuturnya.

Dalam kesempatan yang sama, kata Taufan pihaknya juga menyampaikan berbagai perkembangan HAM dan tantangannya di Indonesia, termasuk penyelesaian beberapa kasus yang menjadi perhatian publik.

"Termasuk di dalamnya perubahan terkait kemajuan kebijakan hak asasi manusia dan hambatan yang masih terjadi," tuturnya.

Diketahui, Komnas HAM beberapa kali mendatangi Papua untuk mendiskusikan rencana dialog damai. Komnas HAM mengklaim banyak pihak menyambut baik dialog damai yang diinisiasinya.

Namun, Tentara Pembebasan Nasional Papua Barat-Organisasi Papua Merdeka (TPNPB-OPM) menolak dialog damai dengan pemerintah jika hanya dimediasi oleh Komnas HAM. Mereka pun meminta Jokowi bersedia duduk bersama dalam meja perundingan.

Juru Bicara TPNPB-OPM, Sebby Sambom mengatakan pihaknya ingin dialog damai atau perundingan tersebut dimediasi oleh Perserikatan Bangsa Bangsa (PBB) lantaran konflik senjata di Papua sudah berskala internasional.

"Pada prinsipnya kami akan setuju jika perundingan itu sesuai mekanisme PBB, dan kami tidak akan tertarik dengan cara-cara Indonesia," kata Sebby dalam keterangan tertulisnya, dikutip Jumat (25/3).

(yla/rds)

[Gambas:Video CNN]
TOPIK TERKAIT
ARTIKEL TERKAIT
BACA JUGA
Lihat Semua
SAAT INI
BERITA UTAMA
REKOMENDASI
TERBARU
LAINNYA DI DETIKNETWORK
LIVE REPORT
LIHAT SELENGKAPNYA
TERPOPULER