PAN Bakal Kirim Nama Pengganti Zulhas di MPR Pekan Depan

Dika Kardi | CNN Indonesia
Kamis, 23 Jun 2022 01:22 WIB
Waketum PAN mengatakan penggantian Zulhas di kursi perwakilan rakyat akan segera diganti, dan namanya akan disetor pekan depan ke pimpinan MPR. Ketua Umum PAN Zulkfili Hasan kini telah menjadi Menteri Perdaganan, sehingga posisinya di Wakil Ketua MPR harus diganti. (CNN Indonesia/Adhi Wicaksono)
Jakarta, CNN Indonesia --

Wakil Ketua Umum Partai Amanat Nasional (PAN) Yandri Susanto mengungkap nama pengganti ketua umum parpolnya, Zulkifli Hasan (Zulhas), sebagai Wakil Ketua MPR dan juga anggota DPR.

Sebagai informasi, sejak Rabu (15/6), Zulhas telah masuk ke jajaran eksekutif sebagai Menteri Perdagangan. Oleh karena itu, posisinya di kursi perwakilan rakyat tersebut pun harus diganti.

Yandri mengatakan proses penggantian ini ditargetkan selesai sebelum masa reses DPR dimulai.


"Insya Allah dalam minggu ini atau minggu depan nama itu dikirim ke pimpinan MPR. Dan, mungkin sebelum reses akan sudah ada pelantikan pengganti Bang Zul," ungkap Yandri kepada wartawan di Kompleks Parlemen Senayan, Jakarta Pusat, Rabu (22/6).

Ia menyebut Ketua MPR Bambang Soesatyo sudah mengirim surat untuk meminta nama pengganti kepada PAN.

Yandri pun mengungkap terdapat tiga nama yang disiapkan untuk menggantikan posisi Zulhas itu antara lain dirinya sendiri, Sekjen PAN Eddy Soeparno, dan Asman Abnur.

"Rapat harian sudah memutuskan itu menjadi hak prerogatif Ketua Umum untuk menentukan yang akan dikirim ke pimpinan MPR," ujarnya.

Anggota komisi VIII ini pun mengungkap dirinya siap dengan apapun keputusan Ketum Zulhas terkait posisi Wakil Ketua MPR itu.

"Saya sami'na watho'na atas perintah apapun nanti. Kalaupun saya ya tentu saya jalankan, tapi kalau enggak saya enggak papa juga, saya tetap sami'na watho'na dengan ketua umum," tegas Yandri.

Sebelumnya, terdapat beberapa nama kandidat pengganti Zulhas mulai dari Ketua Fraksi PAN di DPR Saleh Partaonan Daulay, Sekretaris Jenderal Eddy Soeparno, mantan MenPAN-RB yang kini menjadi anggota DPR Asman Abnur, anggota DPR Mulfachri Harahap, hingga anggota Komisi VII DPR Andi Yuliani Paris.

Sebagai catatan, Zulhas yang sebelumnya merupakan Anggota DPR periode 2019-2024 yang terpilih dari Dapil Lampung I itu menduduki jabatan pula sebagai Wakil Ketua MPR dari Fraksi PAN.

(cfd/kid)

[Gambas:Video CNN]
TOPIK TERKAIT
ARTIKEL TERKAIT
BACA JUGA
Lihat Semua
SAAT INI
BERITA UTAMA
REKOMENDASI
TERBARU
LAINNYA DI DETIKNETWORK
LIVE REPORT
LIHAT SELENGKAPNYA
TERPOPULER