Jokowi: Tjahjo Kumolo Setia Mengabdi untuk Negara

lna/frd | CNN Indonesia
Sabtu, 02 Jul 2022 00:15 WIB
Jokowi menyebut Tjahjo merupakan sosok nasionalis sejati yang setia mengabdikan diri untuk negara. Pemakaman Tjahjo Kumolo di TMP Kalibata (CNN Indonesia/Adhi Wicaksono)
Jakarta, CNN Indonesia --

Presiden Joko Widodo (Jokowi) menyampaikan duka cita atas meninggalnya Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Menpan-RB) Tjahjo Kumolo.

Ucapan belasungkawa itu ia sampaikan dalam bentuk rekaman video yang diambil dari Abu Dhabi.

Jokowi menyebut Tjahjo merupakan sosok nasionalis sejati yang setia mengabdikan diri untuk negara.

"Innalillahi wa innailaihi rajiun. Saya atas nama pribadi, keluarga, bangsa dan negara menyampaikan duka cita yang mendalam atas berpulangnya saudara kita, sahabat kita Bapak Tjahjo Kumolo Menteri PANRB hari ini Jumat 1 Juli 2022 pukul 11.10 WIB di Jakarta," kata Jokowi, Jumat (1/7).

"Pak Tjahjo adalah pribadi yang tenang dan sederhana. Seorang tokoh teladan dan nasionalis sejati yang penuh integritas dan setia mengabdikan dirinya untuk masyarakat, bangsa dan negara," lanjut jokowi.

Jokowi pun menutup ucapan duka citanya dengan mendoakan Tjahjo Kumolo dan keluarga yang ditinggalkan. Ia berdoa agar Tjahjo Kumolo mendapatkan tempat terbaik dari sang Maha Pencipta.

"Semoga alharhum Pak Tjahjo Kumolo mendapatkan tempat terbaik di sisi Allah SWT, dan keluarga yang ditinggalkan diberikan ketabahan dan keikhlasan," ucapnya.

Tjahjo Kumolo meninggal sekitar pukul 11.10 WIB di Rumah Sakit Abdi Waluyo, Jakarta Pusat. Jenazah saat ini tengah disemayamkan di rumah dinas Widya Chandra.

Setelah itu jenazah akan disalatkan di masjid Kompleks Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi. Kemudian jenazah Tjahjo dimakamkan di TMP Kalibata, Jakarta Selatan.

Jokowi kini tengah melakukan kunjungan kenegaraan di Uni Emirat Arab (UEA). Jokowi dan rombongan tiba di Bandar Udara Internasional Abu Dhabi, UEA sekitar pukul 02.15 dini hari.

Sehari di UEA, Jokowi dijadwalkan akan bertemu dengan pebisnis dan investor UEA dan Pangeran Mohamed bin Zayed (MbZ) selaku presiden UEA dan Emir Abu Dhabi.

Jokowi dan Ibu Iriana beserta rombongan dijadwalkan akan kembali ke Tanah Air pada Jumat sore.

Sebelumnya, Jokowi lebih dahulu mengunjungi Jerman untuk menghadiri KTT G7. Setelah itu, ia bertemu dengan Presiden Ukraina Volodymyr Zelensky di Kyiv.

Kemudian Jokowi juga berjumpa dengan Presiden Rusia Vladimir Putin di Moskow. Jokowi membawa misi damai untuk menghentikan perang antara Rusia dan Ukraina.

Ucapan duka juga disampaikan Gubernur Jawa Timur Khofifah.

"Atas nama masyarakat Jawa Timur, juga atas nama keluarga, saya menyampaikan turut berdukacita dan berbela sungkawa sedalam-dalamnya atas meninggalnya Bapak Tjahjo Kumolo," kata Khofifah di Kota Surabaya.

Hari Jumat, kata Khofifah, adalah hari yang baik. Khofifah pun mendoakan agar Tjahjo meninggal dalam keadaan husnul khatimah.

"Mari kita semua doakan almarhum, semoga Allah SWT menempatkan ditempat terbaik disisi-Nya, diterima semua amal ibadahnya, diampuni semua khilafnya, dan dilapangkan kuburnya. Semoga keluarganya juga diberikan kesabaran, ketabahan dan keikhlasan. Aamiin," ujar Khofifah.

Khofifah mengenang, mendiang Tjahjo Kumolo adalah sosok politisi yang sangat bersahabat, pekerja keras, dan rendah hati.

"Saya mengenal beliau sejak di KNPI. Pernah sama-sama di DPR RI dan juga menjadi menteri di periode pertama Presiden Jokowi," kenang Khofifah.

"Saat saya menjadi Mensos beliau pernah berpesan kepada saya untuk terus bersama-sama menyisir unregistered people sehingga mereka yang eligible akan mendapatkan program perlindungan sosial," tambahnya. 

(isn/isn)

[Gambas:Video CNN]
TOPIK TERKAIT
Lihat Semua
SAAT INI
BERITA UTAMA
REKOMENDASI
TERBARU
LAINNYA DI DETIKNETWORK
LIVE REPORT
LIHAT SELENGKAPNYA

ADVERTISEMENT

TERPOPULER