Tebet Eco Park Jadi Zona Emisi Rendah, Dilarang Bawa Kendaraan Pribadi

CNN Indonesia
Selasa, 05 Jul 2022 22:45 WIB
Pemprov DKI Jakarta menyiapkan Tebet Eco Park menjadi kawasan rendah emisi atau low emission zone (LEZ). Warga mengunjungi Tebet Eco Park di Jakarta (ANTARA FOTO/GALIH PRADIPTA)
Jakarta, CNN Indonesia --

Pemerintah Provinsi DKI Jakarta menyiapkan Tebet Eco Park menjadi kawasan rendah emisi atau low emission zone (LEZ). Dengan demikian, kendaraan bermotor akan dilarang melintas di sekitar lokasi tersebut.

Hal tersebut diketahui dari unggahan akun resmi Pemprov Jakarta, @dkijakarta di Instagram. Dalam penjelasannya, penutupan Tebet Eco Park akan diperpanjang.

"Untuk pemeliharaan taman dan perbaikan fasilitas serta persiapan penetapan Kawasan Tebet Eco Park sebagai zona emisi rendah, penutupan Tebet Eco Park diperpanjang," demikian bunyi keterangan dalam unggahan tersebut, sebagaimana dikutip Selasa (5/7).

Saat dikonfirmasi terpisah, Kepala Kepala Dinas Lingkungan Hidup DKI Jakarta Asep Kuswanto mengatakan ke depannya transportasi pribadi akan dibatasi di sekitar lokasi Tebet Eco Park.

"Ke depannya kita berharap semakin banyak masyarakat yang berkunjung ke Tebet Eco Park, tetapi menggunakan transportasi publik, sehingga tidak lagi menggunakan kendaraan pribadi," kata Asep.

Asep mengatakan pihak Dinas DLH akan berkoordinasi dengan Dinas Perhubungan untuk menerapkan kebijakan tersebut. Salah satunya mengenai akses transportasi menuju Tebet Eco Park.

Ia memastikan pihaknya akan mencari solusi terbaik agar warga bisa berkunjung ke Tebet Eco Park tanpa harus menggunakan kendaraan pribadi.

"Dishub juga sedang menata untuk transportasinya, supaya masyarakat bisa menggunakan transportasi yang ada, dari yang jauh bisa naik commuter line, disambung busway atau Jaklingko," ujarnya.

Sebelumnya, Kepala Dinas Pertamanan dan Hutan Kota DKI Jakarta Suzi Marsitawati mengatakan bakal membatasi warga yang hendak berkunjung ke Tebet Eco Park.

Untuk hari Senin hingga Jumat pihaknya membatasi pengunjung sampai 8.000 orang. Sementara, di akhir pekan kapasitas dibatasi 10 hingga 16 ribu.

Suzi mengatakan bagi pengunjung yang hendak berkunjung juga wajib mendaftar terlebih dulu lewat aplikasi JAKI. Nantinya, pengunjung harus memindai barcode sebelum masuk Tebet Eco Park.

(dmi/isn)

[Gambas:Video CNN]
TOPIK TERKAIT
Lihat Semua
SAAT INI
BERITA UTAMA
REKOMENDASI
TERBARU
LAINNYA DI DETIKNETWORK
LIVE REPORT
LIHAT SELENGKAPNYA

ADVERTISEMENT

TERPOPULER