Daftar Pencapaian yang Dibanggakan Anies selama Pimpin Jakarta

CNN Indonesia
Senin, 25 Jul 2022 10:19 WIB
Anies Baswedan selama memimpin Jakarta tercatat membanggakan sejumlah pencapaian, mulai dari ajang Formula E, Stadion JIS, hingga WTP 5 kali berturut-turut. Anies Baswedan selama memimpin Jakarta tercatat membanggakan sejumlah pencapaian, mulai dari ajang Formula E, Stadion JIS, hingga WTP 5 kali berturut-turut. Foto: CNN Indonesia/Andry Novelino
Jakarta, CNN Indonesia --

Hampir lima tahun Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan memimpin Ibu Kota. Masa jabatannya bakal berakhir pada Oktober 2022 nanti.

Selama menjabat sebagai orang nomor satu di DKI Jakarta, Anies telah mengutarakan kepada publik sejumlah prestasi dan pencapaian kebijakannya.

Pencapaian Anies menjadi hal penting sebagai bentuk pertanggungjawaban selama memimpin DKI Jakarta, terlebih hal ini pula yang menjadi sorotan Sekjen PDIP Hasto Kristiyanto yang mempertanyakan prestasi Anies selama mengelola Jakarta.

Berikut daftar pencapaian yang dibanggakan Anies selama dirinya memimpin Jakarta.

Jakarta Internasional Stadium (JIS)

JIS adalah stadion sepakbola yang berlokasi di daerah Papanggo, Tanjung Priok, Jakarta Utara yang baru saja diresmikan pada Minggu (24/7) kemarin. Peresmian JIS dipadati masyarakat dari segala penjuru.

Anies mengatakan JIS adalah mahakarya yang dibangun sepenuhnya oleh warga Indonesia.

"Mahakarya ini adalah 100 persen dibangun oleh anak-anak bangsa dari keringat orang Indonesia yang dilahirkan dari rahim-rahim ibu Indonesia," ujar Anies di JIS, Minggu (24/7).

Dia menyebut pembangunan JIS merupakan bukti penuntasan janji yang ia sampaikan kepada The Jakmania pada lima tahun lalu. Anies juga menuturkan JIS tidak akan terwujud tanpa dukungan dari semua pihak.

Pada kesempatan itu, dia menyampaikan terima kasih kepada suporter Persija Jakarta, The Jakmania yang memberi kepercayaan penuh kepada Pemprov DKI Jakarta untuk menyelesaikan stadion berkapasitas 82 ribu penonton tersebut.

Kendati demikian, JIS bukan proyek Anies sendirian. Proyek ini diketahui telah melewati empat kepemimpinan Gubernur DKI Jakarta.

Proyek ini juga sempat mendapat kritik dan penolakan dari beberapa kalangan. Hal tersebut terjadi karena Pemprov DKI menggusur bangunan-bangunan yang dianggap liar di kawasan tersebut pada 24 Agustus 2008.

Formula E

Ajang balap mobil listrik atau Formula E sukses digelar di DKI Jakarta pada Sabtu (4/6) silam. Sirkuit balapan Formula E ini berlokasi di Ancol, Jakarta Utara.

Anies memamerkan keberhasilan gelaran Formula E pada Sidang Paripurna Hari Ulang Tahun (HUT) Jakarta, Rabu (22/6) lalu.

Anies menyebut suksesnya ajang balapan mobil listrik yang masuk dalam rangkaian acara 'Jakarta Hajatan' itu berhasil membawa nama baik ibu kota negara ke seluruh penjuru dunia.

"Kita juga menyelenggarakan Jakarta E-Prix 2022 di Ancol yang alhamdulilah berlangsung dengan sukses dan membawa nama baik Jakarta ke seantero dunia," kata Anies di Ruang Rapat Paripurna DPRD DKI Jakarta.

Pada malam puncak HUT ke-495 DKI Jakarta di JIS, dia juga mengatakan balapan mobil listrik Formula E telah membuat mata dunia tertuju ke Jakarta dan Indonesia. Dia menyebut acara yang digelar pada awal Juni itu sukses.

Aplikasi Jakarta Kini (JAKI)

Anies membanggakan aplikasi digital Jakarta Kini (JAKI) yang digunakan Pemprov DKI sebagai pusat informasi penanganan Covid-19 di Ibu Kota.

Dalam forum bertajuk Urban 20 Talks: Kota, Desa dan Pemuda di Era Digital, yang digelar Kamis (24/2) malam, Anies membagikan pengalaman Pemprov DKI dalam mengelola digitalisasi layanan JAKI, terlebih pada keadaan pandemi Covid-19.

Pada kesempatan lain, dia juga menyebut JAKI merupakan capaian non fisik yang sangat besar. Dia menyebut JAKI sebagai super apps.

"JAKI adalah capaian non fisik yang sangat besar. Super apps yang di dalamnya ada banyak layanan publik, dari mulai aduan yang bisa ditracking prosesnya oleh warga sampai dengan kebutuhan melakukan vaksinasi bagi warga ber KTP DKI bahkan bagi warga yang bukan ber KTP DKI. Dan JAKI ini diakui di level internasional," ucap Anies kepada wartawan, Rabu (22/6).

Berlanjut ke halaman berikutnya...

Anies Cetak WTP 5 Kali Berturut-turut

BACA HALAMAN BERIKUTNYA
HALAMAN :
1 2
SAAT INI
BERITA UTAMA
REKOMENDASI
TERBARU
LAINNYA DI DETIKNETWORK
LIVE REPORT
LIHAT SELENGKAPNYA

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

TERPOPULER