Sosok Rudi Samin, Ketua Pemuda Pancasila Pemilik Lahan Bansos Dikubur

CNN Indonesia
Rabu, 03 Agu 2022 06:30 WIB
Sosok Rudi Samin menjadi perbincangan usai ditemukan bantuan sosial (bansos) dikubur di lahan miliknya di Depok, Jawa Barat. Sosok Rudi Samin mencuat lantaran bansos dikubur di lahan miliknya di Depok, Jawa Barat (CNN Indonesia/ Muhammad Feraldi)
Jakarta, CNN Indonesia --

Sosok Rudi Samin baru-baru ini menjadi perbincangan usai kasus temuan beras bantuan sosial (bansos) Presiden yang terkubur di Depok mencuat di media sosial. Rudi merupakan pemilik lahan di lokasi bansos dari Presiden Jokowi dikubur.

Rudy selama ini dikenal aktif sebagai pimpinan salah satu organisasi kemasyarakatan (ormas). Rudi saat ini menjabat sebagai Ketua Pemuda Pancasila Kota Depok.

Kiprah Rudi Samin dalam organisasi tersebut telah berlangsung dalam kurun waktu yang lama. Ia mengaku telah menjadi ketua selama lima periode terakhir, termasuk periode saat ini.

"Saya sudah (menjabat ketua PP) lima periode, dari tahun 2000-an sampai sekarang," tutur Rudi kepada CNNIndonesia.com, Selasa (2/8).

Tak hanya itu, ia juga mengaku aktif di berbagai organisasi dan Lembaga Swadaya Masyarakat (LSM) di sekitar Depok. Rudi mengatakan dirinya tercatat sebagai Dewan Penasihat di sejumlah organisasi wilayah tersebut.

Dalam kancah politik, Rudi Samin sempat mencoba peruntungan sebagai Calon Anggota Legislatif (Caleg) DPR RI. Ia tercatat sebagai Caleg DPR RI Dapil Jawa Barat VI dari Partai PKPI pada Pemilu 2014, serta Caleg DPR RI Dapil Jabar VI dari Partai Hanura pada Pemilu 2019.

Rudi Samin pun pernah mendaftarkan diri sebagai Bakal Calon Wali Kota Depok dalam Pilkada 2015. Ia mendaftar melalui Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP), tetapi tersingkir dalam babak akhir proses seleksi oleh DPC PDIP.

Sementara itu, Rudi Samin mengklaim dirinya sebagai pemilik sah lahan yang digunakan oleh JNE sebagai tempat penguburan bansos Presiden.

Lahan seluas sekitar 43 hektare itu membentang di wilayah Kampung Serab, Sukmajaya, Depok, Jawa Barat. Ia merupakan ahli waris dari ayahnya, yang sebelumnya menjadi pemilik lahan tersebut sejak 1964.

Dari lahan tersebut, area galian tempat ditemukan beras bansos memiliki luas sekitar 6.000 meter persegi. Timbunan itu ditemukan usai pohak Rudi Samin melakukan penggalian dengan alat berat.

Dalam foto yang beredar, kondisi beras-beras itu tampak sudah rusak. Beras itu kemungkinan telah ditimbun dalam waktu lama.

Kini kepolisian mengusut hal tersebut. Sejumlah pihak dari JNE hingga Kementerian Sosial diperiksa oleh Polres Metro Depok.

(frl/bmw/bmw)

[Gambas:Video CNN]
Lihat Semua
SAAT INI
BERITA UTAMA
REKOMENDASI
TERBARU
LAINNYA DI DETIKNETWORK
LIVE REPORT
LIHAT SELENGKAPNYA

ADVERTISEMENT

TERPOPULER