Mutasi Perwira Tinggi TNI, Hamim Tohari Jadi Kadispenad

tim | CNN Indonesia
Kamis, 04 Agu 2022 05:35 WIB
Kolonel Hamim Tohari sempat disemprot Panglima TNI Jenderal Andika Perkasa lantaran kedapatan main ponsel saat rapat secara daring pada Desember 2021 lalu. Panglima TNI Jenderal Andika Perkasa menunjuk Kolonel Arh Hamim Tohari menjadi Kepala Dinas Penerangan Angkatan Darat (Kadispenad). (CNN Indonesia/Tunggul)
Jakarta, CNN Indonesia --

Kolonel Arh Hamim Tohari ditunjuk menjadi Kepala Dinas Penerangan Angkatan Darat (Kadispenad) dalam mutasi jabatan yang dilakukan Panglima TNI Jenderal Andika Perkasa.

Pengangkatan Hamim tertuang dalam Surat Keputusan nomor 77 tahun 2022 yang diteken pada 29 Juli 2022.

Hamim sebelumnya menjabat sebagai Sekretaris Dinas Penerangan Angkatan Darat (Sesdispenad). Ia menggantikan Brigjen TNI Tatang Subarna yang dimutasi menjadi Danrem 064/MY Serang, Kodam III/Siliwangi.

Sosok Hamim Tohari sempat menjadi sorotan publik usai dimarahi Panglima TNI Jenderal Andika Perkasa lantaran kedapatan memainkan ponsel saat rapat secara daring pada Desember 2021 lalu.

Hamim yang kala itu menjabat sebagai Kepala Staf Korem (Kasrem) 174/ATW Merauke disemprot karena tak fokus memperhatikan Andika yang memimpin rapat. Momen itu lalu terekam dan tersebar luas di media sosial.

"Mas Hamim, lihat saya. Ini mas Hamim kan, di Merauke? Enggak usah lihat handphone," ucap Andika seperti dikutip dalam video tersebut.

Kali ini Jenderal Andika Perkasa melakukan mutasi jabatan terhadap 113 perwira tinggi TNI. Beberapa jabatan yang menjadi sorotan dalam mutasi kali ini adalah tiga panglima daerah militer (pangdam).

Kas. Kogabwilhan II Mayjen Muhammad Saleh Mustafa dimutasi menjadi Pangdam XVII/Cendrawasih.

Deputi Bidang Koordinasi Pertahanan Negara Kemenko Polhukam Mayjen Hilman Hadi ditunjuk sebagai Pangdam III/Sriwijaya. Kemudian, Danpussenarmed Kodiklatad Mayjen Totok Imam menjadi Pangdam XIV/Hasanuddin.

Ada 31 perwira TNI yang dimutasi karena akan memasuki masa pensiun. Ada pula seorang pati yang dimutasi karena meninggal dunia, yaitu Staf Khusus Kasal Laksma TNI Ahmad Samsulhadi.

(fra/fra)


[Gambas:Video CNN]
Lihat Semua
SAAT INI
BERITA UTAMA
REKOMENDASI
TERBARU
LAINNYA DI DETIKNETWORK
LIVE REPORT
LIHAT SELENGKAPNYA

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

TERPOPULER