PDIP Bentuk Tim Khusus Fasilitasi Safari Politik Puan

CNN Indonesia
Rabu, 10 Agu 2022 20:58 WIB
Tim khusus terdiri dari kader yang ditunjuk Puan. Mereka akan menetapkan hakl-hal yang boleh dan tidak boleh dibicarakan antara Puan dengan ketua partai lain. Ketua DPP PDIP Puan Maharani akan menjalani safari politik untuk bicara soal koalisi partai jelang Pemilu 2024. (Foto: Arsip Istimewa)
Jakarta, CNN Indonesia --

Dewan Pimpinan Pusat (DPP) PDIP membentuk tim advance atau tim khusus untuk memfasilitasi rencana safari politik Puan Maharani dengan sejumlah partai politik terkait Pemilu dan Pilpres 2024.

Ketua Badan Pemenangan Pemilu (Bappilu) PDIP, Bambang Wuryanto mengatakan tim khusus bertujuan untuk menjalin komunikasi dengan partai-partai sebelum Puan resmi menjalin komunikasi.

Menurutnya, tim khusus akan membahas soal waktu pertemuan dan hal-hal yang boleh dan tidak boleh dibicarakan.

"Do and do not-nya harus clear, ini pembelajaran publik juga, harus tahu kalau nanti Mbak Puan ketemu Cak Imin apa yang boleh dibicarakan dan tidak boleh dibicarakan," kata Bambang kepada wartawan di kompleks parlemen, Rabu (10/8).

Bambang Pacul, sapaan akrabnya, bilang bahwa tim advance akan bergerak setelah 17 Agustus mendatang atau setelah masa reses anggota dewan. Namun, dia enggan menyebut sosok yang akan tergabung dalam tim tersebut.

Menurutnya, mereka adalah orang-orang yang ditunjuk langsung oleh Puan berdasarkan kedekatan dengan partai-partai lain.

"Misalnya Pacul sebaiknya ditugaskan ke mana nih, tentu misalnya di antara ketua umum siapa paling akrab dengan pacul," katanya.

Ketua Komisi III DPR itu enggan mengungkap kapan Puan mulai bertemu partai-partai lain. Namun dia memastikan tim khusus akan bergerak setelah 17 Agustus yang dianggap sebagai tanggal keramat.

"Tapi setelah tanggal 17 semua kita fokus 17 [Agustus] kan hari kemerdekaan hari keramat kita, kita rayakan dulu bersama-sama," katanya.

Ketua Umum PDIP Megawati Soekarnoputri sebelumnya telah mengutus Puan untuk menjalin komunikasi dengan partai lain terkait koalisi di Pilpres 2024. Keputusan itu disampaikan pasca Rakernas PDIP akhir Juni lalu.

Dibanding partai lain, PDIP hingga kini satu-satunya partai yang belum menjalin komunikasi secara terbuka terkait kemungkinan koalisi.

(thr/wis)

[Gambas:Video CNN]
Lihat Semua
SAAT INI
BERITA UTAMA
REKOMENDASI
TERBARU
LAINNYA DI DETIKNETWORK
LIVE REPORT
LIHAT SELENGKAPNYA

ADVERTISEMENT

TERPOPULER