CCTV Vital Gambarkan Situasi Utuh Pembunuhan Brigadir J Ditemukan

CNN Indonesia
Jumat, 19 Agu 2022 15:52 WIB
Direktur Tindak Pidana Umum Bareskrim Polri Brigjen Andi Rian menyebut rekaman CCTV itu menggambarkan situasi pembunuhan Brigadir J di rumah dinas Ferdy Sambo. Tim Khusus Polri berhasil menemukan CCTV di rumah dinas Ferdy Sambo yang sebelumnya dinyatakan rusak. Ilustrasi (CNN Indonesia/Adhi Wicaksono)
Jakarta, CNN Indonesia --

Direktur Tindak Pidana Umum Bareskrim Polri Brigjen Andi Rian Djajadi mengatakan pihaknya telah menemukan CCTV di rumah dinas mantan Kadiv Propam Irjen Ferdy Sambo, Kompleks Polri Duren Tiga, Jakarta Selatan.

"Alhamdulillah, CCTV yang sangat vital yang menggambarkan situasi sebelum, sesaat, dan setelah kejadian di Duren Tiga itu berhasil kami temukan," kata Andi dalam konferensi pers, Jumat (19/8).

Andi mengatakan pihaknya juga telah memeriksa sebanyak 52 orang saksi termasuk di dalamnya sejumlah ahli seperti ahli DNA, balistik metalurgi, kedokteran forensik, termasuk analis digital dan inafis.

Dari sejumlah rekaman CCTV yang ditemukannya itu, pihaknya juga berhasil mendapatkan bukti yang memperlihatkan istri Sambo, Putri Candrawathi berada di lokasi, baik di rumah pribadi hingga di Duren Tiga.

Dengan demikian, kata Andi, tim penyidik Polri menetapkan Putri sebagai tersangka perencanaan pembunuhan Brigadir J.

"Pada kesempatan hari ini, bahwa berkas perkara empat tersangka sebelumnya yaitu FS, RR, RE, dan KM hari ini akan kita laksanakan pelimpahan ke kejaksaan atau tahap satu, untuk kemudian dipelajari oleh teman-teman jaksa penuntut umum," ujarnya.

Sejauh ini kepolisian telah menetapkan lima orang sebagai tersangka pembunuhan Brigadir J. Mereka yang jadi tersangka antara lain Irjen Ferdy Sambo, Bharada E, Bripka RR, asisten rumah tangga berinisial KM, serta Putri Candrawathi.

Mereka dijerat dengan Pasal 340 subsidair Pasal 338 juncto Pasal 55 juncto Pascal 56 KUHP.

Sebelumnya, Kapolres Metro Jakarta Selatan nonaktif Budhi Herdi Susianto mengatakan CCTV di rumah dinas Ferdy Sambo rusak sejak dua minggu sebelum peristiwa pembunuhan Brigadir J.

(khr/tfq/fra)


[Gambas:Video CNN]
Lihat Semua
SAAT INI
BERITA UTAMA
REKOMENDASI
TERBARU
LAINNYA DI DETIKNETWORK
LIVE REPORT
LIHAT SELENGKAPNYA

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

TERPOPULER