Menyusuri Klaim Walkot Soal Sulit Cari Masjid di Jalan Margonda Raya

CNN Indonesia
Rabu, 30 Nov 2022 07:47 WIB
Wali Kota Depok Mohammad Idris mengatakan masyarakat sulit mencari masjid di Jalan Margonda Raya. SDN Pondok Cina 1 pun akan direlokasi untuk membangun masjid. SDN Pondok Cina 1 Depok, Jawa Barat akan direlokasi untuk membangun masjid di Jalan Margonda Raya. (CNN Indonesia/Andry Novelino)
Jakarta, CNN Indonesia --

Gaduh rencana relokasi SDN Pondok Cina 1 Depok, Jawa Barat, yang hendak diubah menjadi masjid oleh Pemerintah Kota Depok masih berlanjut.

Wali Kota Depok Mohammad Idris mengklaim pembangunan masjid tersebut salah satunya untuk mengakomodasi keinginan warga Depok, khususnya umat muslim, yang kesulitan mencari masjid.

"Kami tentunya mengakomodasi keinginan masyarakat Depok, khususnya warga Muslim yang menyampaikan laporan ke Provinsi Jawa Barat tentang sulitnya mencari masjid untuk salat di Jalan Margonda Raya," kata Idris di Depok, Rabu (17/11).

Berdasarkan penelusuran CNNIndonesia.com, cukup banyak masjid di wilayah sekitar SDN Pocin 1 yang berada di Jalan Margonda Raya.

Dalam radius kurang lebih sekitar 1 kilometer, sedikitnya terdapat tujuh masjid. Masjid-masjid tersebut terbilang cukup besar.

Beberapa di antaranya Masjid Jami Al-Khairatul Islam di Jalan Mahali, Pondok Cina. Lokasinya hanya sekitar 550 meter dari SDN Pocin 1.

Ada pula Masjid Jami' Al-Mu'aawanah dan masjid Daarul Ilmi Universitas Gunadarma yang berjarak kurang dari 400 meter dari lokasi.

Selain itu, ada juga Masjid Miftahul Jannah, Masjid Al-Kohinoor, dan Masjid Jami Al-Hidayah yang letaknya tak jauh dari SDN Pocin 1.

Seorang warga Pondok Cina, Abidin (61) mengatakan masjid di sekitar SDN tersebut cukup banyak. Hanya saja, masjid yang berada tepat di sisi Jalan Margonda Raya memang tidak ada.

"Kalau bicara masjid mah, enggak kekurangan, banyak, cuma yang pas di jalan raya itu memang enggak ada," ujar Abidin kepada CNNIndonesia.com, Selasa (29/11).

Senada, warga setempat, Febrian (25) juga merasa tidak kekurangan akan keberadaan masjid yang ada di sekitar rumahnya.

Kendati begitu, menurutnya, pembangunan masjid di sana mungkin saja dibutuhkan, khususnya bagi orang-orang yang tidak mengetahui lokasi masjid di sekitar Jalan Margonda Raya.

"Ya, perlu enggak perlu ya, mungkin buat pengemudi ojek yang enggak tahu masjidnya di mana, di pinggir jalan itu kan mungkin lebih gampang," ujar Febrian, Selasa (29/11).

Imbas rencana proyek masjid itu, SDNPocin1 akan direlokasi ke SDN Pocin 3 dan SDN Pocin 5. Tetapi, berdasarkan data yang dihimpun pada Selasa (29/11), sebanyak 200 siswa menolak dan memilih bertahan di sana.

Sebelumnya, Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil mengira relokasi sekolah itu sudah jelas dan telah diterima semua pihak. Ia baru tahu masih banyak pihak yang menolak.

Oleh karenanya, dia meminta Pemkot Depok untuk berunding kembali dengan berbagai pihak dan pembangunan masjid akan dilakukan jika semua pihak telah menerima.

"Niat membangun masjid bisa pindah lokasi atau bisa juga tidak jadi dibangun atau dibatalkan," ucap RK soal kelanjutan pembangunan jika tak mencapai kata sepakat.

(mnl/pmg)


[Gambas:Video CNN]
SAAT INI
BERITA UTAMA
REKOMENDASI
TERBARU
LAINNYA DI DETIKNETWORK
LIVE REPORT
LIHAT SELENGKAPNYA

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

TERPOPULER