Pemprov DKI Bangun Tanggul Sepanjang 1,4 Km di Kali Pesanggarahan

CNN Indonesia
Jumat, 20 Jan 2023 03:47 WIB
Pengerjaan pembangunan tanggul diprediksi akan memakan waktu hingga akhir tahun. Pemprov DKI meminta warga ikut mendukung upaya tersebut. Seorang ibu menggendong anaknya saat melintasi banjir di kawasan Bintaro, Pesanggrahan, Jakarta Selatan, Minggu (12/11). Banjir tersebut disebabkan meluapnya Kali Pesanggrahan di kawasan itu. (ANTARA FOTO/Hafidz Mubarak A/aww/17.)
Jakarta, CNN Indonesia --

Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta membangun sheetpile atau turap/tanggul sepanjang 1.400 meter di Kali Pesanggrahan, Kelurahan Kembangan Selatan, Jakarta Barat.

Penjabat (Pj) Gubernur DKI Jakarta, Heru Budi Hartono pembangunan tanggul itu untuk mengatasi genangan di Jalan Briti dan Kelurahan Kedoya Selatan.

"Alur yang kita selamatkan itu sesuai dengan eksisting yaitu sisi Timur 795 meter dan sisi Barat 605 meter. Sehingga kawasan di sisi sungai sampai dengan lampu merah bisa dikurangi dampak musim hujan hingga kemacetan saat musim hujan," kata Heru di Kelurahan Kembangan Selatan, Kamis (19/1).

Ia menyampaikan pengerjaan akan memakan waktu hingga akhir tahun. Heru pun meminta warga ikut mendukung upaya tersebut.

"Warga juga harus memahami dan mendukung kami. Karena ada beberapa bangunan juga yang terkena," ucapnya.

Kepala Dinas Sumber Daya Air DKI Jakarta, Yusmada Faizal mengatakan pembangunan tanggul tersebut merupakan komitmen bersama dalam menormalisasi 13 sungai.

"Terutama sungai besar itu ada 5, Kali Pesanggrahan, Kali Angke, Kali Sunter, Kali Ciliwung, dan Kali Jati Keramat. Itu sesuai dengan komitmen dari Pak Presiden Joko Widodo. Salah satu upayanya adalah dengan memperkuat tanggul-tanggul kali. Baik dengan konstruksi sheet pile dan bronjong," kata Yusmada.

(yoa/ain)


[Gambas:Video CNN]
SAAT INI
BERITA UTAMA
REKOMENDASI
TERBARU
LAINNYA DI DETIKNETWORK
LIVE REPORT
LIHAT SELENGKAPNYA

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

TERPOPULER