Bintang MotoGP

Marquez Pindah Rumah untuk Hindari Pajak

Ardita Mustafa, CNN Indonesia | Selasa, 09/12/2014 14:18 WIB
Juara dunia termuda MotoGP, Marc Marquez pindah rumah ke negara lain demi mengurangi beban pajak yang harus dibayar jika tetap menetap di Spanyol.  Pebalap Marquez dikatakan memiliki penghasilan sebesar € 10 juta setahun. (Reuters/Olivia Harris)
Andorra, CNN Indonesia -- Juara dunia MotoGP, Marc Marquez, akan pindah rumah ke Andorra dalam waktu dekat. Hal itu dilakoni juara dunia termuda MotoGP agar terhindar dari tingginya beban pajak di Spanyol.

Pebalap berusia 21 tahun itu dikatakan memiliki penghasilan sebesar € 10 juta setahun.

Dengan memiliki tempat tinggal di Andorra  ia akan mengurangi kewajiban pajak tahunannya sebesar € 30.000.


Media massa-media massa di Spanyol mewartakan Marquez telah menjadwalkan perjalanannya ke negara kecil yang memiliki perbatasan dengan Spanyol. Marquez disebut tinggal menunggu departemen imigrasi Andorra menyetujui permohonan tinggalnya.

Marquez dan saudaranya, Alex, juara dunia Moto2 tahun ini, berasal dari kota Cervera di provinsi Lleida, di wilayah timur laut Katalonia yang hanya berjarak 120 kilometer dari Andorra.

Ternyata Marquez bukan satu-satunya pebalap Spanyol yang tinggal di luar negeri demi mengurangi pajak.

Jorge Lorenzo juga akan jadi tetangga Marquez di Andorra dengan alasan yang sama.

Sedangkan pebalap sepeda internasional, Alberto Contador dan rekan Marquez di MotoGP, Dani Pedrosa, tinggal di Swiss karena alasan fiskal.

Namun, tak semua atlet berpenghasilan tinggi yang pindah ke luar negeri akan menetap di rumah baru mereka. 
Beberapa hanya tinggal di rumah barunya minimal 183 hari, atau setengah tahun ditambah satu hari. Hal itu dilakukan untuk mengakali otoritas pajak Spanyol karena telah dinyatakan sebagai penduduk di negara lain.

Baca: Prestasi Marquez Bersaudara