Liga Spanyol

Moyes dan Kemenangan Sociedad atas Barcelona

Dika Dania Kardi & M. Arby Rahmat, CNN Indonesia | Senin, 05/01/2015 06:23 WIB
Moyes dan Kemenangan Sociedad atas Barcelona Penyerang Barcelona Lionel Messi (kanan) kesulitan menjebol pertahanan Real Sociedad yang digalang Inigo Martinez (tengah) dan Alberto de la Bella dalam lanjutan Liga Spanyol di Stadion Anoeta, San Sebastian, Senin (5/1) dini hari WIB. Real Sociedad mengalahkan Barcelona 1-0 dalam pertandingan itu. (REUTERS/Vincent West)
San Sebastian, CNN Indonesia -- Barcelona gagal memanfaatkan kesempatan untuk mengudeta Real Madrid dari puncak klasemen setelah dikalahkan Valencia 1-2. Barcelona yang terpaut satu poin di belakang Madrid justru kalah juga oleh Real Sociedad 0-1, Senin (5/1) dini hari WIB.

Ironisnya, gol semata wayang ke gawang Barcelona itu merupakan gol bunuh diri yang dilesakkan Jordi Alba pada menit ke dua.

Umpan silang Sergio Canales ke kotak penalti Barcelona justru ditanduk Alba ke dalam gawangnya sendiri. Setelah itu, tim dari kawasan Basque itu pun berusaha keras untuk bertahan sehingga skor akhir tetap 1-0.


Juru taktik Real Sociedad, David Moyes, berhasil membungkam lini serang Barcelona yang disokong trio Amerika Latin: Lionel Messi, Neymar Jr, dan Luis Suarez.

Namun, trio Amerika Latin itu baru bersatu lebih lambat. Pasalnya Pelatih Barcelona Luis Enrique menempatkan Messi dan Neymar sebagai pemain cadangan.

Pada babak pertama, Enrique mengandalkan Munir dan Pedro untuk menemani Suarez. Munir lalu diganti Messi pada awal babak kedua dan Pedro diganti Neymar pada menit ke-58.

"Tidak ada poin dengan mengatakan mengenai apa yang terjadi andai mereka (Messi dan Neymar) memulai pertandingan dari awal," kata Enrique dalam jumpa pers usai pertandingan seperti dikutip Reuters."Saya pikir itu adalah hal yang benar. Saya tidak ingin risiko terhadap pemain yang baru kembali dari liburan dan perjalanan panjang kurang dari dua hari sebelumnya."

Akibat hasil tersebut, Barcelona tetap berada di bawah Madrid dengan selisih satu poin dengan Madrid. Barcelona poinnya 38, sementara Madrid memiliki poin 39.

Akan tetapi Barca harus mewaspadai Atletico yang kini memiliki poin sama dengan klub itu setelah mengalahkan Levante 3-1 dalam pertandingan sehari sebelumnya.

Di sisi lain, kemenangan atas Barcelona adalah hal yang menyenangkan untuk Moyes. Moyes yang dipecat Manchester United musim lalu itu ditunjuk melatih Real Sociedad sejak November lalu.

Kemenangan atas Barcelona itu mengangkat Sociedad ke peringkat ke-13 dengan torehan 18 poin.

Susunan Pemain:
Real Sociedad: Rulli; C. Martinez, Ansotegi, I. Martinez, De La Bella; Markel, Granero; Xabi Prieto, Canales (Yuri 90+3'), Castro (Finnbogason 66'); Vela (Pardo 90')

Barcelona: Bravo; Montoya, Mascherano, Mathieu (Alves 70'), Alba; Xavi, Busquets, Iniesta; Munir (Messi 46'), Suarez, Pedro (Neymar 58'). (kid/kid)