Kalahkan River Plate 3-0, Barca Juara Piala Dunia Antarklub

Dika Dania Kardi, CNN Indonesia | Minggu, 20/12/2015 19:30 WIB
Kalahkan River Plate 3-0, Barca Juara Piala Dunia Antarklub Lionel Messi mencetak gol pertama Barcelona ke gawang River Plate dalam final Piala Dunia Antarklub 2015, Yokohama, 20 Desember 2015. Mesi menjadi pemain pertama yang bisa mencetak gol di tujuh kompetisi bersama klub dan negara dalam satu tahun. (Reuters / Yuya Shino)
Jakarta, CNN Indonesia -- Barcelona berhasil mengklaim gelar juara Piala Dunia Antarklub setelah mengalahkan River Plate di partai final yang berlangsung di Stadion Internasional Yokohama, Jepang, Minggu (20/12).

Pada partai puncak ini Barcelona kembali diperkuat trisula MSN (Messi, Suarez, dan Neymar). Pelatih Barcelona Luis Enrique menurunkan skuat intinya dari mulai kiper hingga penyerang untuk menghadapi wakil Amerika Selatan tersebut.

Dalam partai puncak itu Barcelona menang dengan skor 3-0. Tiga gol Barcelona dilesakkan Lionel Messi (36'), dan Luis Suarez (49' dan 68').


Gol perdana Barcelona pada pertandingan ini terjadi pada babak pertama setelah Messi menerima assist dari Neymar.

Messi menerima bola dari Neymar di dalam kotak penalti lalu mendorong bola itu dengan menggunakan kaki kirinya seraya menjatuhkan diri di depan gawang River Plate pada menit ke-35.

Skema gol itu berawal dari pergerakan Neymar di sisi kiri pertahanan River Plate. Neymar lalu mengoper bola kepada Messi melewati Mercado di antara mereka.

Sempat membawa bola beberapa meter, tepat di depan kotak penalti, Messi meneruskan bola kepada Dani Alves yang berlari  ke dalam kotak penalti.

Alves lantas mengirim kembali bola kepada Neymar yang menerima dengan kepala, dan memberinya kepada Messi yang menjatuhkan diri agar bisa menendang bola ke gawang River Plate.

Gol kedua Barcelona dicetak Suarez lewat serangan balik. Tendangannya sempat mengenai kaki Barovero, namun terus meluncur ke dalam gawang River Plate. Neymar kembali berkontribusi untuk gol ketiga Barcelona. Operan chip-nya ke dalam kotak penalti berhasil disambut Suarez dengan sundulan di depan gawang River Plate.

Susunan Pemain:

Barcelona: Claudio Bravo, Dani Alves, Gerard Pique, Javier Mascherano (Thomas Vermaelen 81'), Jordi Alba, Sergio Busquets, Ivan Rakitic (Sergi Roberto 67'), Andres Iniesta, Lionel Messi, Luis Suarez, Neymar (Jeremy Mathieu 88').

River Plate: Marcelo Barovero, Gabriel Mercado, Jonatan Maidana, Eder Alvarez, Leonel Vangioni, Matias Kranevittter, Leonardo Ponzio (Lucho Gonzalez 46'), Carlos Sanchez, Tabare Viudez (Sebastian Driussi 56'), Rodrigo Mora (Gonzalo Martinez 46'), Lucas Alario.

(kid)