Ronaldo Soal Skandal Pajak: Saya Masih Punya Nurani!

Ahmad Bachrain | CNN Indonesia
Kamis, 15 Jun 2017 07:30 WIB
Cristiano Ronaldo secara tegas membantah tudingan yang menyebut dirinya melakukan penggelapan pajak di Spanyol sebesar 14,8 juta euro. Cristiano Ronaldo secara tegas membantah tuduhan penggelapan pajak di Spanyol. (REUTERS/Andrea Comas)
Jakarta, CNN Indonesia -- Cristiano Ronaldo secara pribadi mulai angkat bicara terkait tuduhan dirinya mengemplang pajak. Penyerang bintang Real Madrid itu secara tegas membantah tudingan yang dilontarkan jaksa penuntut di Spanyol.

Seperti diketahui, Ronaldo dicurigai melakukan penggelapan pajak pendapatan atas hak citra dirinya sebesar 14,8 juta euro.

Jaksa penuntut meyakini penyerang 32 tahun yang merupakan pesepak bola dengan bayaran tertinggi, menggelapkan pajak penghasilannya melalui dua perusahaan.

Perusahaan tersebut diyakininya bermarkas di British Virgin Islands dan Irlandia.


Pihak kejaksaan pun mulai memproses tuntutan itu untuk mengadili pemain asal Portugal tersebut.

Meski demikian, Ronaldo mengatakan dirinya tidak bersalah dan selama ini selalu taat membayar pajak di Spanyol yang dibebankan kepadanya.

"Saya masih memiliki hati nurani yang sangat nyata," ujar Ronaldo menjawab pertanyaan jurnalis Deportes Cuarto terkait tudingan penggelapan pajak, seperti dikutip dari Marca.

Los Blancos pun ikut mengeluarkan pernyataan yang membela pemainnya itu terhadap tuduhan penggelapan pajak yang dialamatkan kepada Ronaldo.

"Real Madrid tetap yakin sepenuhnya bahwa pemain kami, Cristiano Ronaldo, yang kami pahami telah bertindak sesuai koridor hukum dan memenuhi kewajiban fiskalnya," demikian pernyataan resmi Madrid, dikutip dari AFP.

Sebelumnya, perusahaan Gestifute selaku perwakilan Ronaldo membantah kliennya tersebut melakukan penggelapan pajak di Spanyol.

"Tidak ada skema penghindaran pajak. Tidak pernah ada apapun yang disembunyikan maupun niat untuk menyembunyikan sesuatu," demikian keterangan resmi Gestifute seperti dikutip dari Reuters, di Madrid, Selasa (13/6) waktu setempat.
TOPIK TERKAIT
ARTIKEL TERKAIT
BACA JUGA
Lihat Semua
SAAT INI
BERITA UTAMA
REKOMENDASI
TERBARU
LAINNYA DI DETIKNETWORK
LIVE REPORT
LIHAT SELENGKAPNYA
TERPOPULER