Timnas Indonesia Bangkit, Gasak Mongolia 7-0

Haryanto Tri Wibowo, CNN Indonesia | Jumat, 21/07/2017 18:04 WIB
Timnas Indonesia U-22 meraih kemenangan telak atas Mongolia 7-0 pada pertandingan kedua Grup H kualifikasi Piala Asia U-23 2018 di Bangkok, Jumat (21/7). Marinus Manewar bermain apik di lini depan saat melawan Mongolia. (Dok. PSSI)
Jakarta, CNN Indonesia -- Timnas Indonesia U-22 meraih kemenangan telak atas Mongolia 7-0 pada pertandingan kedua Grup H kualifikasi Piala Asia U-23 2018 di Stadion Nasional Thailand, Bangkok, Jumat (21/7).

Kemenangan atas Mongolia membuka peluang Indonesia lolos ke putaran final Piala Asia U-23 2018 yang akan digelar di China, Januari 2018. Kemenangan telak 7-0 juga membuat Timnas U-22 naik ke posisi kedua sementara Grup H.

Indonesia saat ini mengoleksi tiga poin, kalah head-to-head dari Malaysia yang akan menghadapi tuan rumah Thailand malam ini. Sementara Mongolia di dasar klasemen setelah selisih gol atas Thailand.

Melawan Mongolia, Timnas U-22 membuka keunggulan pada menit ke-17 melalui Saddil Ramdani. Menerima umpan di dalam kotak penalti Mongolia, Saddil langsung melakukan drive dan melepaskan tendangan ke pojok kanan atas gawang. 1-0 untuk Indonesia.


Gavin Kwan Adsit mencetak dua gol ke gawang Mongolia.Gavin Kwan Adsit mencetak dua gol ke gawang Mongolia. (CNN Indonesia/Titi Fajriyah)
Gol kedua Indonesia tercipta pada menit ke-31. Marinus Manewar sukses membobol gawang Mongolia yang dikawal kiper Saikhanchuluun Amarbayasgalan setelah meneruskan umpan silang yang dilepaskan Osvaldo Haay.

Babak pertama ditutup Indonesia lewat gol ketiga yang dicetak Gavin Kwan Adsit pada menit ke-35. Pemain serba bisa klub Barito Putera itu lolos jebakan offside dan meneruskan umpan lambung Marinus melalui sundulan untuk mencetak gol ketiga Indonesia.

Saddil Ramdani membuka keunggulan Indonesia dan mencetak dua gol ke gawang Mongolia.Saddil Ramdani membuka keunggulan Indonesia dan mencetak dua gol ke gawang Mongolia. (Dok. PSSI)
Di babak kedua Indonesia menambah empat gol. Pada menit ke-56, Saddil mencetak gol keduanya setelah memanfaatkan bola liar hasil tinjuan kiper Saikhanchuluun yang tidak sempurna.

Osvaldo Haay ikut mencatatkan namanya di papan skor pada menit ke-72. Sebuah tendangan keras Evan Dimas berhasil diblok kiper, namun bola liar mengarah ke Osvaldo. Pemain Persipura itu mencetak gol ke gawang yang kosong.

Gol keenam Indonesia dicetak Gavin pada menit ke-87 memanfaatkan bola rebound hasil tendangan bebas Septian David Maulana. Sedangkan gol terakhir Indonesia diciptakan Septian setelah melakukan kerja sama satu-dua dengan Marinus.

Selanjutnya Indonesia akan menghadapi Thailand pada laga terakhir Grup H, Minggu (23/7).

Susunan pemain

Timnas Indonesia: Kurniawan Kartika Ajie; Gavin Kwan Adsit, Bagas Adi Nugroho (Ryuji Utomo, 77’), Hansamu Yamaha, Rezaldi Hehanusa, Osvaldo Haay; Septian David Maulana, Evan Dimas Darmono, Muhammad Hargianto, Saddil Ramdani (Yabes Roni, 58’); Marinus Manewar.

Timnas Mongolia: Saikhanchuluun Amarbayasgalan; Munk-Orgil Orikhon, Tuguldur Galt, Narmandakh Artag, Uuganbat Bat-Erdene, Bilguun Damdindorj; Ganbayar Ganbold, Tuguldur Munkh-Erdene, Tserenbayar Boldbaatar; Oyunbaatar Mijiddorj, Gal-Erdene Soyol-Erdene.