Vietnam Dua Kali Patah Hati Saat Bersama Timnas Indonesia

Putra Permata Tegar Idaman , CNN Indonesia | Rabu, 13/09/2017 22:01 WIB
Vietnam Dua Kali Patah Hati Saat Bersama Timnas Indonesia Timnas Indonesia berhasil mengubur ambisi Vietnam untuk melangkah jauh di Piala AFF U-18 2017. (Dok. PSSI)
Jakarta, CNN Indonesia --
Timnas Vietnam dua kali kecewa saat berada di grup yang sama dengan Timnas Indonesia dalam satu bulan terakhir. Meskipun di atas kertas mereka tampil lebih kuat dari tim Merah-Putih, pada akhirnya mereka justru jadi pihak yang gagal lolos dari penyisihan grup.

Pada bulan lalu, Vietnam harus tersingkir di babak penyisihan grup SEA Games 2017 karena hanya duduk di peringkat ketiga di bawah Thailand dan Indonesia. Di ajang SEA Games tersebut, Vietnam tampil impresif dan disebut sebagai salah satu calon kuat juara.

Dalam laga menghadapi Timnas Indonesia, Vietnam menunjukkan kualitasnya dan mampu menggempur habis-habisan pertahanan Indonesia. Dua kiper Timnas Indonesia, Satria Tama dan Kurniawan Kartika Ajie jadi pahlawan yang mampu membawa Indonesia mengakhiri pertandingan dengan skor 0-0.


Kegagalan menang atas Indonesia membuat posisi Vietnam jadi sulit di laga terakhir karena mereka berjumpa Thailand sedangkan Indonesia hanya bertemu Kamboja. Vietnam gagal lolos karena kalah 0-3 dari Thailand sedangkan Indonesia mampu menang 2-0 atas Kamboja.

Vietnam juga tersingkir saat bersaing dengan Timnas Indonesia di SEA Games 2017.Vietnam juga tersingkir saat bersaing dengan Timnas Indonesia di SEA Games 2017. (Foto: ANTARA FOTO/Wahyu Putro A)

Peristiwa yang sama kembali terulang pada ajang Piala AFF U-18, Rabu (13/9), bahkan kali ini bisa dibilang lebih menyakitkan bagi Vietnam. Sebelum laga terakhir, Vietnam jadi pemuncak klasemen unggul tiga angka atas Indonesia dan Myanmar. Hal itu terjadi usai Vietnam menghancurkan Indonesia 3-0.

Memiliki keunggulan tiga angka dan selisih 15 gol, Vietnam jelas ada di atas angin dalam perburuan tiket semifinal. Namun perjalanan mereka justru kembali berakhir di babak penyisihan grup.

Timnas Indonesia yang berlaga lebih dulu di sore hari mampu menang 8-0 atas Brunei Darussalam. Kemenangan spektakuler itu menggaransi satu tiket semifinal untuk Garuda Nusantara.

Timnas Indonesia U-19 keluar sebagai juara grup B Piala AFF U-18 2017.Timnas Indonesia U-19 keluar sebagai juara grup B Piala AFF U-18 2017. (Foto: Dok. PSSI

Dalam duel penuh tekanan lantaran hanya tersisa satu tiket semifinal, Vietnam justru kalah 1-2 dari tuan rumah Myanmar. Hasil itu membuat Indonesia justru jadi juara grup dan Vietnam tersingkir karena kalah head to head dari Myanmar (selisih gol mereka sama, 17-3).

Ikuti perkembangan berita ini dalam topik:
Asa Garuda Nusantara