logo CNN Indonesia

Imbas Wasit Diserang, Borneo FC vs Persib Ditunda

, CNN Indonesia
Imbas Wasit Diserang, Borneo FC vs Persib Ditunda Jadwal pengganti pertandingan Borneo FC melawan Persib Bandung hingga kini belum ditentukan. (Antara Foto/Novrian Arbi)
Jakarta, CNN Indonesia -- Pertandingan Liga 1 2017 antara Borneo FC melawan Persib Bandung, Sabtu (16/9), dipastikan ditunda. Keputusan itu imbas dari serangan terhadap wasit yang dilakukan oknum ofisial tim Borneo FC kala menjamu Bali United di Stadion Segiri, Samarinda, Senin (11/0).

Penundaan pertandingan Borneo vs Persib dibenarkan Chief Operating Officer (COO) PT. Liga Indonesia Baru (LIB) Tigor Shalomboboy saat dikonfirmasi CNNIndonesia.com, Kamis (14/9).

“(Oknum ofisial Borneo) Mendekati wasit dan berusaha mencekik wasit, kemudian melemparkan uang di depan wasit di ruang wasit,” ucap Tigor menceritakan kronologi insiden.


Tigor mengatakan berdasarkan keputusan Komisi Disiplin (Komdis) PSSI, Borneo FC dihukum empat kali pertandingan tidak bisa menggunakan Stadion Segiri sebagai markas mereka.

Salah satu ofisial Borneo FC diduga melakukan pemukulan terhadap wasit usai laga melawan Bali United.Salah satu ofisial Borneo FC diduga melakukan pemukulan terhadap wasit usai laga melawan Bali United. (ANTARA FOTO/Nyoman Budhiana)
“Borneo tidak boleh main di kandang, harus pindah dari situ (Stadion Segiri), jaraknya minimal 100 kilometer di luar Samarinda tanpa penonton. Jadi, kami berpikir mereka agak sulit mencari kandang baru dalam waktu dua hari, jadi kami tunggu laporan," kata Tigor.

Lebih lanjut Tigor mengatakan pihaknya sudah memiliki alternatif tanggal pengganti laga Borneo menjamu Persib. Namun, PT. LIB tetap harus menunggu laporan dari Borneo FC terkait stadion pengganti untuk mencocokkan jadwal tersebut.

Borneo FC melawan Bali United di Stadion Segiri berakhir imbang.Borneo FC melawan Bali United di Stadion Segiri berakhir imbang. (ANTARA FOTO/Nyoman Budhiana)
Selain terusir empat pertandingan dari Stadion Segiri, oknum ofisial Borneo FC yang memukul wasit juga mendapat hukuman serta sanksi denda yang jumlahnya belum bisa dipastikan Tigor.

"Biasanya sanksinya dia tidak boleh mendampingi tim di kompetisi baik kandang maupun tandang. Saya juga belum tahu pasti untuk berapa lama sanksinya. Denda juga pasti ada, detailnya saya tidak tahu pasti," ucap Tigor.


"Komdis PSSI memang belum rilis kepada media hasil sidangnya, tapi klub yang bersangkutan sudah dapat salinan hasil sidangnya," ujar Tigor.

---

Catatan redaksi: Judul artikel ini telah diubah pada Kamis (14/9) pukul 14.17 dari sebelumnya 'Imbas Wasit Dipukul, Borneo FC vs Persib Ditunda' setelah CNNIndonesia.com mendapat ralat dari pihak PT. Liga Indonesia Baru terkait kronologi terhadap serangan ke wasit yang ditambahkan pada paragraf ketiga. Redaksi mohon maaf atas ketidaknyamanan akibat kesalahan ini.
(har)

0 Komentar
Terpopuler
CNN Video