Pelatih: Timnas Swedia ke Piala Dunia, Lupakan Ibrahimovic

Ahmad Bachrain , CNN Indonesia | Rabu, 15/11/2017 09:59 WIB
Pelatih: Timnas Swedia ke Piala Dunia, Lupakan Ibrahimovic Timnas Swedia lolos ke Piala Dunia 2018, justru tanpa nama besar seperti Zlatan Ibrahimovic. (AFP PHOTO / Marco BERTORELLO)
Jakarta, CNN Indonesia -- Pelatih Timnas Swedia, Janne Andersson, mengaku heran masih banyak orang yang membicarakan Zlatan Ibrahimovic dikaitkan dengan sukses skuatnya ke Piala Dunia 2018. Ramai dibicarakan termasuk di media sosial, untuk memasukkan kembali penyerang yang kini merumput di Manchester United itu ke skuat Blagult.

Ibrahimovic sendiri memutuskan pensiun dari Timnas Swedia pada 21 Juni 2016. Namun, mulai banyak perbincangan agar mantan pemain Paris Saint Germain itu bisa kembali memperkuat negaranya.

Andersson sendiri menanggapi dingin pembicaraan seputar kemungkinan kembalinya Ibrahimovic. Ia malah meminta agar melupakan pemain yang sudah memilih pensiun.
Timnas Swedia memastikan tiket ke Piala Dunia 2018 setelah menyingkirkan Timnas Italia. (Timnas Swedia memastikan tiket ke Piala Dunia 2018 setelah menyingkirkan Timnas Italia. (AFP PHOTO / Jonathan NACKSTRAND)
“Luar biasa, pemain itu [Ibrahimovic] sudah setop bermain [di Timnas Swedia] sekitar satu setengah tahun, tapi masih saja kita membahasnya,” ucap Andersson menjawab pertanyaan wartwan soal kemungkinan kembalinya Ibrahimovic, dikutip dari Marca.

Andersson mengatakan, Timnas Swedia sudah seharusnya bangga karena mereka bisa lolos ke Piala Dunia dengan tanpa satu pun pemain bintang dunia. Ia menegaskan, negaranya ke Rusia karena karakter permainan sebagai orang Swedia.
Zlatan Ibrahimovic menyatakan pensiun dari Timnas Swedia pada 21 Juni 2016. (Zlatan Ibrahimovic menyatakan pensiun dari Timnas Swedia pada 21 Juni 2016. (REUTERS/Eddie Keogh)
“Zlatan adalah, berdasarkan penilaian saya, pemain terhebat kami sepanjang masa, pesepakbola fantastis. Namun, sedih rasanya masih membicarakan seorang yang sudah tak ada di tim ini.”

“Saya memiliki sekumpulan pemain yang sudah melakukan pekerjaan fantastis, sebaiknya kita bicarakan mereka saja,” terang Andersson.

Bukan hanya Andersson, sejumlah pemain Timnas Swedia juga enggan berkomentar banyak perihal kemungkinan kembalinya Ibrahimovic. Termasuk pula bek kiri, Ludwig Augustinsson, yang mengatakan terlalu dini bicara kemungkinan tersebut.

“Pertama-tama adalah, ia [Ibrahimovic] harus membuka sendiri kemungkinan itu. Selebihnya, saya tidak mau membahas persoalan ini,” ucap Augustinsson. (bac)