Kalahkan ManCity, Donetsk Lolos 16 Besar Liga Champions

Ahmad Bachrain , CNN Indonesia | Kamis, 07/12/2017 05:13 WIB
Kalahkan ManCity, Donetsk Lolos 16 Besar Liga Champions Shakhtar Donetsk ke babak 16 besar setelah mengalahkan Manchester City. (REUTERS/Valentyn Ogirenko)
Jakarta, CNN Indonesia -- Shakhtar Donetsk memastikan lolos ke babak 16 besar Liga Champions. Di luar dugaan, Donetsk mampu menang 2-1 atas pemuncak Grup F, Manchester City di Stadion Metalist, Rabu (6/12) malam waktu setempat.

Gol Donetsk dipersembahkan oleh Bernard pada menit ke-26 dan Ismaily pada menit ke-36. ManCity juga tampaknya tak menurunkan kekuatan penuh pada laga tersebut.

ManCity hanya mampu memperkecil ketinggalan menjadi 1-2 melalui gol penalti Sergio Aguero pada menit ke-21.

Sejumlah pemain andalan seperti Sergio Aguero, Kyle Walker, Raheem Sterling dan Nicolas Otamendi tak dimainkan sebagai starter.

Kemenangan Donetsk bertolak belakang dengan Napoli yang gagal ke babak 16 besar. Terlebih, mereka kalah 1-2 dari Feyeenoord sehingga posisinya tetap terkunci di peringkat ketiga dengan enam poin.
Shakhtar Donetsk lolos ke babak 16 besar Liga Champions setelah mengalahkan ManCity. (Shakhtar Donetsk lolos ke babak 16 besar Liga Champions setelah mengalahkan ManCity. (REUTERS/Valentyn Ogirenko)
The Citizens sendiri tetap berada di puncak klasemen Grup F dengan 15 poin di atas Donetsk yang mengumpulkan 12 poin.

Madrid Tekuk Dortmund 3-2

Sementara itu, Real Madrid menang 3-2 atas Borussia Dortmund pada laga pamungkas Grup H di Stadion Santiago Bernabeu, Rabu (6/12) malam waktu setempat.

Pada babak pertama, Madrid unggul 2-1 atas Dortmund. Memasuki babak kedua, Die Borussen sempat menyamakan skor jadi 2-2.

Madrid dikejutkan gol cepat yang dilesakkan striker Borussia Dortmund, Pierre-Emerick Aubameyang, pada menit ke-49.

Bola tendangan Aubameyang memanfaatkan umpan terobosan dari Shinki Kagawa sebenarnya sempat ditepis Keylor Navas. Namun, pantulan bola kembali ke kaki Aubameyang dan ia tinggal mencungkil bola melewati Navas yang sudah terjatuh.

Dortmund yang sudah dipastikan gagal ke babak 16 besar Liga Champions itu pun mampu menyamakan skor 2-2 di awal babak kedua.

Die Borussen nyaris membalikkan keadaan pada menit ke-63. Umpan silang Shinji Kagawa meluncur ke arah Pierre-Emerick Aubameyang di depan gawang. Beruntung bola masih mampu dipotong Raphael Varane.
Borussia Dortmund sempat menyamakan kedudukan 2-2 ke gawang Real Madrid. (Borussia Dortmund sempat menyamakan kedudukan 2-2 ke gawang Real Madrid. (REUTERS/Juan Medina)
Madrid baru bisa kembali ungguli Dortmund dengan skor 3-2 berkat gol Lucas Vazquez pada menit ke-81 memanfaatkan assist sundulan Theo Hernandez. Laga berakhir untuk kemenangan Madrid tersebut.

Madrid sendiri lolos dengan status runner-up Grup H. Juara grup diraih Tottenham Hotspur yang pada laga terakhir menang 3-0 atas APOEL Nicosia. (bac)