Danurwindo: Tidak Mungkin Ada Perombakan Timnas Indonesia

Surya Sumirat , CNN Indonesia | Kamis, 07/12/2017 18:53 WIB
Danurwindo: Tidak Mungkin Ada Perombakan Timnas Indonesia Timnas Indonesia tidak akan memiliki waktu yang cukup jika ahrus melakukan prombakan skuat untuk Asian Games 2018. (ANTARA FOTO/Irwansyah Putra)
Jakarta, CNN Indonesia -- Timnas Indonesia gagal menjadi juara Tsunami Cup 2017 yang digelar di Banda Aceh, 2-6 Desember lalu. Skuat Merah Putih harus puas di posisi runner-up usai kalah 0-1 dari Timnas Kirgistan pada laga terakhir, Rabu (6/12).

Kendati demikian, Direktur Teknik Timnas Indonesia, Danurwindo, menilai, perjuangan tim asuhan Luis Milla itu sudah maksimal. Karena itu, tidak perlu ada perombakan untuk multievent empat tahunan nanti.

"Kalau untuk perombakan rasanya tidak mungkin bisa. Skuat ini sudah memiliki pemain-pemain terbaik," kata Danurwindo kepada CNNIndonesia.com, Kamis (7/12).

Menurut pria 66 tahun itu, Luis Milla tidak mungkin memiliki banyak waktu jika harus melakukan perubahan besar dalam timnya. Mengingat, pelaksanaan Asian Games 2018 nanti bagai dilangsungkan Agustus 2018. Atau sekitar delapan bulan ke depan.
Danurwindo menilai Timnas Indonesia telah memiliki pemain-pemain terbaik.Danurwindo menilai Timnas Indonesia telah memiliki pemain-pemain terbaik. (CNN Indonesia/Arby Rahmat Putratama)
Danurwindo lebih menitikberatkan kepada modifikasi skuat Merah Putih. Hanya, mengenai posisi atau pos-pos yang perlu dilakukan pergantian pemain, itu merupakan kewenangan Luis Milla sebagai pelatih.

Di mata Danur, Luis Milla bisa memilih, siapa saja pemain-pemain yang dianggap terbaik dalam Tsunami Cup 2017 lalu sebagai kerangka untuk Asian Games 2018. Selebihnya, perubahan skuat bisa dilakukan berjalan dengan persiapan. Seperti pergantian pemain yang tidak sesuai dengan skema permainan dalam persiapan setelah Tsunami Cup 2017.
Pelatih Timnas Indonesia Luis Milla (tengah) bisa melengkapi skuatnya dengan melakukan penambahan pemain.Pelatih Timnas Indonesia Luis Milla (tengah) bisa menyempurnakan skuatnya dengan melakukan pergantian pemain. (CNN Indonesia/M. Arby Rahmat Putratama H)
"Nantinya juga ada batas pendaftaran pemain. Masih bisa dilakukan penambahan-penambahan pemain untuk melengkapi skuat. Untuk gambaran skuat saya rasa sudah ada," Danur menjelaskan.

Saat ini, mantan pelatih Persija Jakarta itu tengah menunggu laporan resmi dari Luis Milla. Dia juga berharap, pelatih asal Spanyol itu bisa memperbaiki kekurangan timnya jelang tampil di Asian Games 2018 mendatang.

Beberapa yang menjadi kekurangan bagi Skuat Garuda pada Tsunami Cup 2017 lalu adalah ketika dalam situasi satu lawan satu dan bola-bola atas. Tetapi, mengenai kelebihan Timnas Indonesia dalam hal kecepatan, perlu dimaksimalkan saat Asian Games 2018 nanti.

(sry)