Bonus Per Pemain Madrid Bisa Bentuk Klub Liga 1 Semusim

Ahmad Bachrain, CNN Indonesia | Senin, 18/12/2017 21:42 WIB
Bonus Per Pemain Madrid Bisa Bentuk Klub Liga 1 Semusim Real Madrid menggelontorkan bonus setara Rp32 miliar per pemain. (REUTERS/Amr Abdallah Dalsh)
Jakarta, CNN Indonesia -- Real Madrid menggelontorkan bonus besar untuk musim 2017. Pihak klub total memberikan uang bonus sebesar €2 juta atau setara Rp32 miliar per pemain dan pelatih.

Jumlah bonus tersebut tentu sangat fantastis. Bahkan jika dibandingkan dengan kompetisi Liga 1 Indonesia, bonus per pemain Madrid itu bisa membentuk satu klub Liga 1 dalam semusim. 

Biaya yang diperlukan satu klub di Indonesia memang berkisar antara Rp25 miliar hingga Rp35 miliar per musim. Jumlah uang tersebut sudah termasuk belanja pemain dan biaya operasional klub dalam satu musim.


Sebelumnya, media Spanyol Marca memberitakan, bonus yang diberikan manajemen Madrid menjadi total jumlah yang terbesar sepanjang sejarah klub Los Blancos sejak 1957/1958.

Bonus besar tersebut diterima para pemain karena prestasi mentereng Cristiano Ronaldo dan kawan-kawan musim lalu dan musim ini. Deretan trofi bergengsi berhasil mereka boyong mulai Liga Champions, Piala Super Eropa, Piala Super Spanyol, La Liga Spanyol, dan terbaru tahun ini adalah Piala Dunia Antarklub.
Para pemain Real Madrid mendapat bonus besar tahun ini. (Para pemain Real Madrid mendapat bonus besar tahun ini. (REUTERS/Matthew Childs)
Jumlah bonus €2 juta per pemain itu sebagian besar berasal dari prestasi tim arahan Zinedine Zidane berhasil meraih trofi Liga Champions dua kali beruntun dan juara La Liga musim lalu.

Untuk pencapaian tersebut, pihak manajemen memastikan memberikan bonus sebesar €1,5 juta (setara Rp24 miliar) untuk masing-masing pemain El Real.

Bonus juga diberikan kepada seluruh staf dan dibagikan juga ke para staf pelatih di bawah Zidane.

Kucuran bonus tersebut tak berhenti sampai di situ. Bonus kembali diberikan lantaran Madrid mampu meraih Piala Super Eropa, Piala Super Spanyol, dan Piala Dunia Antarklub tahun ini.

Marca mengabarkan pihak pemain yang diwakili sang kapten, Sergio Ramos, dan manajemen telah melakukan negosiasi terkait jumlah bonus tambahan itu. Disepakati bersama bahwa nilainya adalah €500.000 atau setara (Rp8 miliar). (sry)