Timnas Indonesia vs Islandia, SUGBK Dijamin Tak Tergenang Air

Jun Mahares, CNN Indonesia | Jumat, 12/01/2018 16:42 WIB
Timnas Indonesia vs Islandia, SUGBK Dijamin Tak Tergenang Air Timnas Indonesia vs Islandia menjadi kali pertama SUGBK digunakan pasca-renovasi. (CNN Indonesia/Arby Rahmat Putratama)
Jakarta, CNN Indonesia -- Dirjen Cipta Karya Kementerian PUPR, Sri Hartoyo, menjamin pertandingan Timnas Indonesia vs Islandia di Stadion Utama Gelora Bung Karno (SUGBK), Jakarta, Minggu (14/1), tidak akan terganggu genangan air.

Pertandingan Timnas Indonesia vs Islandia menjadi kali pertama SUGBK digunakan sejak mulai direnovasi pada 2016. Laga yang akan disaksikan Presiden Joko Widodo itu juga digunakan sebagai momen peresmian SUGBK usai renovasi.

Laga Indonesia Selection vs timnas Islandia di Stadion Maguwoharjo, Sleman, Kamis (11/1), sempat dihentikan sejenak karena hujan lebat dan mengakibatkan genangan air di lapangan. Sri Hartoyo menjamin masalah yang serupa tidak akan terjadi di SUGBK.
Peresmian SUGBK ditandai dengan pertandingan Timnas Indonesia vs Islandia. Peresmian SUGBK ditandai dengan pertandingan Timnas Indonesia vs Islandia.(ANTARA FOTO/Akbar Nugroho Gumay)
“Perbaikan sistem drainase lebih cepat, dari semula berjarak masing-masing tujuh meter kini dirapatkan jadi empat meter. Air hujan pun kita tampung dan bisa digunakan untuk pemeliharaan,” ujar Sri Hartoyo dalam konferensi pers di SUGBK, Jumat (12/1).

“Sehingga genangan akan cepat diserap, curah hujan yang tinggi bisa cepat kering. Jadi sekitar 10-30 menit bisa kering. Selama ini kami pantau ketika hujan lebat tidak ada genangan,” sambungnya.
Sistem drainase di SUGBK telah ditingkatkan.Sistem drainase di SUGBK telah ditingkatkan. (CNN Indonesia/Arby Rahmat Putratama)
Lebih lanjut, Sri Hartoyo mengklaim SUGBK sebagai smart stadium yang dilengkapi dengan fasilitas wi-fi, CCTV, dan pintu keluar darurat. Semuanya dikontrol dalam satu ruangan.

“Secara umum [renovasi] sudah selesai semua, tapi masih penyelesaian teknis sambil dilakukan pemeliharaan hingga Juni 2018. Laga Timnas Indonesia vs Islandia sekaligus jadi test event,” ucap Sri Hartoyo.

Laga Timnas Indonesia vs Islandia menjadi pertandingan kedua tim peserta Piala Dunia 2018 itu di Indonesia. Sebelumnya, timnas Islandia sukses mengalahkan Indonesia Selection 6-0 di Stadion Maguwoharjo. (har/ptr)