Ronaldo Lebih Tajam dari Barcelona dan Juventus

Nova Arifianto, CNN Indonesia | Kamis, 08/03/2018 21:10 WIB
Ronaldo Lebih Tajam dari Barcelona dan Juventus Cristiano Ronaldo sudah mencetak 12 gol di Liga Champions 2017/2018. (REUTERS/Susana Vera)
Jakarta, CNN Indonesia -- Hingga separuh jalan babak perdelapan final Liga Champions, Cristiano Ronaldo berhasil membuktikan diri sebagai pemain tersubur di kejuaraan antarklub Eropa, sama seperti empat musim sebelumnya.

Dari delapan pertandingan, Ronaldo telah mencetak 12 gol. Sembilan di antaranya dibukukan di fase grup dan tiga lainnya ke gawang Paris Saint-Germain di babak 16 besar. Salah satu wakil kapten Los Blancos itu menjadi penyumbang gol terbesar Madrid. Sepuluh gol Madrid lainnya di Liga Champions disumbangkan Karim Benzema yang mencetak dua gol, Gareth Bale, Borja Mayoral, Lucas Vazquez, Marcelo, Luka Modric, Nacho Fernandez, Sergio Ramos, dan Casemiro.

Jumlah gol kapten timnas Portugal itu jauh meninggalkan pesaing-pesaingnya. Pemain terdekat yang tercatat masih memiliki peluang menambah gol di Liga Champions adalah Roberto Firmino dengan catatan tujuh gol.


Selain mengalahkan jumlah gol Firmino, Ronaldo juga lebih tajam ketimbang tiga klub peserta babak perdelapan final yakni Juventus, Barcelona, dan AS Roma.

Cristiano Ronaldo mencetak satu gol ke gawang PSG dalam leg kedua perdelapan final Liga Champions.Cristiano Ronaldo mencetak satu gol ke gawang PSG dalam leg kedua perdelapan final Liga Champions. (REUTERS/Benoit Tessier)
Juventus yang telah memastikan melaju ke babak delapan besar baru mencetak 11 gol. Sedangkan Barcelona dan Roma yang masih harus menyelesaikan satu leg babak perdelapan final baru mencetak 10 gol.

Shakhtar Donetsk dan Besiktas juga tercatat kalah subur dibanding Ronaldo. Kedua klub tersebut tertinggal satu gol dari pemain yang telah mengumpulkan empat gelar Liga Champions.

Sementara dua klub lain yang akan memperebutkan satu tiket perempat final, Manchester United dan Sevilla memiliki jumlah gol yang sama dengan Ronaldo.

Jumlah gol Ronaldo di Liga Champions musim ini sudah menyamai torehan golnya musim lalu. Rekor gol terbanyak Ronaldo dalam satu musim Liga Champions dibukukan pada musim 2013/2014. Ketika mengantarkan Madrid meraih trofi Si Kuping Besar untuk kali ke-10, Ronaldo berhasil menjaringkan 17 gol. (ptr)