Analisis

Damai Sebelum Badai di MotoGP Amerika Serikat

Haryanto Tri Wibowo, CNN Indonesia | Sabtu, 21/04/2018 10:12 WIB
Damai Sebelum Badai di MotoGP Amerika Serikat Valentino Rossi dan Marc Marquez berpeluang kembali melakukan duel di MotoGP Amerika Serikat. (AFP PHOTO / KARIM JAAFAR)
Jakarta, CNN Indonesia -- Badai berpeluang terjadi di Sirkuit Austin pada balapan MotoGP Amerika Serikat setelah hubungan Valentino Rossi dengan Marc Marquez masih panas karena kontroversi di MotoGP Argentina.

Tidak ada kata damai antara Rossi dengan Marquez jelang balapan MotoGP Amerika. Marquez berusaha berdamai dengan Rossi, tapi The Doctor tetap mengungkapkan kekesalan.

Pihak Dorna, Race Direction, IRTA, dan FIM berusaha mendamaikan Rossi dan Marquez. Namun, pertemuan dengan Komisi Keselamatan pada Jumat (20/4) juga kemungkinan besar tidak akan bisa mendamaikan kedua pebalap.


Sulit untuk mendamaikan Rossi dengan Marquez. Berkaca dari kontroversi usai MotoGP 2015, dibutuhkan lebih dari enam bulan untuk melihat Rossi dan Marquez hanya sekadar bersalaman di depan publik.

Valentino Rossi masih kesal dengan tindakan Marc Marquez di MotoGP Argentina.Valentino Rossi masih kesal dengan tindakan Marc Marquez di MotoGP Argentina. (REUTERS/Marcos Brindicci)
Ketika itu Rossi dan Marquez bersalaman di depan publik setelah tragedi meninggalnya pebalap Moto2 Luis Salom di GP Katalonia, Juni 2016.

Khusus untuk pada seri MotoGP Amerika, selama Rossi dijauhkan dari Marquez maka damai bisa tercipta. Tapi, badai bisa datang jika kedua pebalap berdekatan. Hal itu bisa terjadi di konferensi pers usai babak kualifikasi MotoGP Amerika, Minggu (22/4) dini hari WIB.

Damai Sebelum Badai di MotoGP Amerika Serikat
Rossi dan Marquez bisa menjalani latihan bebas dan babak kualifikasi di atas trek secara terpisah. Namun, kedua pebalap tidak mungkin menghindar jika berhasil menempati posisi tiga besar di babak kualifikasi.

Marc Marquez terus berusaha meminta maaf kepada Valentino Rossi.Marc Marquez terus berusaha meminta maaf kepada Valentino Rossi. (CNN Indonesia/Putra Permata Tegar Idaman)
Rossi dan Marquez harus duduk berdekatan dalam ruangan konferensi pers Sirkuit Austin usai babak kualifikasi MotoGP Amerika. Jika itu terjadi, maka ini adalah untuk kali pertama kedua pebalap berada satu ruangan sejak insiden di MotoGP Argentina. Momen canggung pun pasti akan terjadi.

Badai sesungguhnya akan terjadi di Sirkuit Austin pada balapan MotoGP Amerika, Senin (23/4) dini hari WIB. Di momen ini Rossi tidak akan bisa menghindari Marquez di atas sirkuit. Bahkan bukan tidak mungkin kedua pebalap akan kembali melakukan duel di atas sirkuit.

Perseteruan Rossi vs Marquez bisa bertahan sepanjang MotoGP 2018 karena sejarah buruk kedua pebalap. Perseteruan ini juga bisa menjadi noda dan merusak jalannya MotoGP 2018.

Para pebalap MotoGP berharap perseteruan Valentino Rossi dan Marc Marquez berakhir.Para pebalap MotoGP berharap perseteruan Valentino Rossi dan Marc Marquez berakhir. (AFP PHOTO / KARIM JAAFAR)
Respons sejumlah pebalap seperti Alex Rins dan Jack Miller juga bisa dipahami. Rins menganggap MotoGP bukan hanya Rossi vs Marquez, sementara Miller meminta kedua pebalap yang berseteru itu untuk bersikap waspada.

Sulit untuk memihak antara Rossi atau Marquez. The Baby Alien memang menjadi sorotan di MotoGP Argentina untuk alasan yang salah. Tapi, setidaknya pebalap 25 tahun itu sudah berusaha minta maaf. Rossi bisa dianggap berlebihan, tapi tetap punya hak untuk marah karena keselamatannya menjadi taruhan.

Kini tinggal melihat respons Race Direction MotoGP menghadapi perseteruan Rossi vs Marquez. Jika kedua pebalap kembali bersinggungan saat MotoGP Amerika dan Race Direction tidak mampu tampil tegas seperti di MotoGP Argentina, maka badai akan terjadi di Sirkuit Austin. (bac)