Jadwal Timnas Indonesia di Piala AFF 2018

Putra Permata Tegar Idaman, CNN Indonesia | Rabu, 02/05/2018 17:11 WIB
Jadwal Timnas Indonesia di Piala AFF 2018 Jadwal Timnas Indonesia di Piala AFF 2018. (CNN Indonesia/Adhi Wicaksono)
Jakarta, CNN Indonesia -- Timnas Indonesia harus melakoni laga tandang ke Thailand dan Singapura dalam Piala AFF 2018, 8 November-15 Desember mendatang.

Piala AFF 2018 kali ini tidak lagi menggunakan format turnamen terpusat dengan salah satu negara jadi tuan rumah. Pada edisi kali ini, tiap negara akan menjalani dua partai kandang dan dua partai tandang dalam empat laga yang mereka hadapi di babak penyisihan grup.

Berdasarkan hasil undian, Timnas Indonesia berada satu grup dengan Thailand, Filipina, Singapura, dan pemenang antara Timor Leste vs Brunei Darussalam.


Menilik jadwal, Timnas Indonesia harus menjalani laga pertama dengan tandang ke Singapura pada 9 November. Duel ini terbilang lumayan berat lantaran Singapura punya catatan yang cukup baik di Piala AFF.

Timnas Indonesia saat melawan Korea Utara di PSS Anniversary Cup 2018. Garuda tergabung di grup neraka pada Piala AFF 2018. (Timnas Indonesia saat melawan Korea Utara di PSS Anniversary Cup 2018. Garuda tergabung di grup neraka pada Piala AFF 2018. (CNN Indonesia/Andry Novelino)
Empat hari berselang, Timnas Indonesia bakal melakoni laga kandang pertama dengan pemenang babak kualifikasi yaitu antara Timor Leste atau Brunei Darussalam.

Pada 17 November, Timnas Indonesia akan menjalani laga penting lawan Thailand di markas lawan. Duel ini bakal jadi big match di grup B.

Jadwal Timnas Indonesia di Piala AFF 2018
Aksi Timnas Indonesia di penyisihan grup ditutup dengan duel lawan Filipina di kandang.

Dua tim terbaik dari tiap grup bakal lolos ke babak semifinal. Laga semifinal akan memanggungkan duel dengan format kandang-tandang.

Asisten pelatih Timnas Indonesia, mengakui Merah Putih berada di grup berat bersama dengan Thailand, Filipina, dan Singapura.

"Saya sempat deg-degan saat lihat drawing, sama seperti Piala AFF 2016 isi grupnya. Semoga bisa seperti tahun 2016 saat kami masuk final dan kemudian [kali ini] jadi juara," ucap Bima Sakti seusai konferensi pers.

"Ini grup yang berat bagi saya, ada Thailand yang merupakan juara bertahan. Kami harus siapkan tim dengan lebih baik lagi. Setelah Asian Games, kami akan banyak lakukan uji coba agar tim tampil baik di Piala AFF," katanya menambahkan.

Jadwal Timnas Indonesia di Piala AFF 2018
9 November: Singapura vs Timnas Indonesia
13 November: Timnas Indonesia vs Timor Leste/Brunei Darussalam
17 November: Thailand vs Timnas Indonesia
25 November: Timnas Indonesia vs Filipina (jun/bac)