Royal Wedding-Mahathir, Tanda Liverpool Juara Liga Champions

Surya Sumirat, CNN Indonesia | Kamis, 17/05/2018 21:18 WIB
Royal Wedding-Mahathir, Tanda Liverpool Juara Liga Champions Sejumlah catatan sejarah mendukung Liga Champions juara Liga Champions musim ini. (REUTERS/Phil Noble)
Jakarta, CNN Indonesia -- Sedikitnya ada tiga fakta sejarah yang bisa membawa Liverpool menjuarai Liga Champions musim ini dengan menumbangkan Real Madrid di Stadion NSC Olimpiyskiy, Kiev, Ukraina, Sabtu (26/5) waktu setempat.

Seluruh catatan sejarah itu terjadi di tahun 1981. Tahun di mana Liverpool menjadi juara Liga Champions musim 1980/1981.

Pada tahun itu, 27 Mei 1981, Liverpool menjadi juara Liga Champions untuk kali ketiga dengan mengalahkan Real Madrid di Parc des Prince melalui gol tunggal Alan Kennedy menit ke-82.


Selain kemenangan The Reds di Liga Champions, 1981 juga menjadi momen terselenggaranya royal wedding. Pada saat itu tepatnya 19 Juli 1981 merupakan hari pernikahan bagi Pangeran Charles dan Putri Diana.

Pangeran Charles dan Putri Diana menikah di tahun yang sama ketika Liverpool juara Liga Champions pada 1981.Pangeran Charles dan Putri Diana menikah di tahun yang sama ketika Liverpool juara Liga Champions pada 1981. (REUTERS)
Fakta terakhir yang bisa memberikan keberuntungan untuk tim asuhan Juergen Klopp di Kiev nanti adalah naiknya Mahathir Mohamad sebagai perdana menteri Malaysia menggantikan Hussein Onn yang jatuh sakit. Momen krusial di Malaysia itu terjadi pada 16 Juli 1981.

Menariknya, ketiga fakta sejarah itu bakal berpeluang kembali terjadi di 2018 ini. Satu dari ketiga sejarah tersebut menjadi kenyataan dengan kembali terpilihnya Mahathir Mohamad sebagai perdana menteri Malaysia setelah memenangi pemilihan umum pada 10 Mei 2018 dengan mendapatkan 112 kursi di parlemen.

Fakta Sejarah Mendukung Liverpool Juara Liga Champions
Satu momen serupa akan terulang. Di mana royal wedding antara Pangeran Harry dan Meghan Markle. Pernikahan keduanya rencananya diselenggarakan pada Sabtu (19/5). Pernikahan Pangeran Harry dan Menghan Markle akan digelar di Gereja St. George's di Kastil Windsor.

Terpilihnya Mahathir Mohamad sebagai perdana menteri Malaysia pada 2018 bisa 'mendukung' Liverpool juara Liga Champions musim ini.Terpilihnya Mahathir Mohamad sebagai perdana menteri Malaysia pada 2018 bisa 'mendukung' Liverpool juara Liga Champions musim ini. (REUTERS/Stringer)
Hanya saja, jika pada ketiga momen sejarah di 1981 itu final Liga Champions lebih dulu terselenggara, pada 2018 ini terjadi sebaliknya. Pada 2018 final Liga Champions terlaksana belakangan lantaran digelar 26 Mei nanti waktu setempat.

Kemenangan Liverpool atas Real Madrid di laga final nanti akan melengkapi ulangan peristiwa serupa pada 1981 silam, namun Real Madrid bakal berjuang keras untuk menghadirkan sejarah sebagai tim pertama yang tiga kali beruntun juara Liga Champions. (ptr)