Lopetegui Terancam Dipecat Jelang Piala Dunia 2018

Surya Sumirat, CNN Indonesia | Rabu, 13/06/2018 12:32 WIB
Lopetegui Terancam Dipecat Jelang Piala Dunia 2018 Julen Lopetegui terancam dipecat sebelum pertandingan pertama timnas Spanyol di Piala Dunia 2018. (REUTERS/Stringer)
Jakarta, CNN Indonesia -- Pelatih timnas Spanyol, Julen Lopetegui, dalam ancaman pemecatan Federasi Sepak Bola Kerajaan Spanyol (RFEF) jelang pertandingan perdana di Piala Dunia 2018 melawan Portugal di Stadion Fisht, Sabtu (16/6).

Ditunjuk sebagai pelatih baru Real Madrid untuk musim depan tidak membuat Lopetegui nyaman. Pasalnya, posisinya sebagai pelatih timnas Spanyol tengah terancam.

Bahkan, karena kemarahan yang dimiliki Presiden RFEF, Luis Rubiales, setelah pengumuman mengejutkan dari Madrid, jabatan Lopetegui sebagai pelatih La Furia Roja bisa dicopot sebelum pertandingan pertama di Piala Dunia 2018 melawan Portugal.


Media asal Spanyol Marca menyebut hubungan antara RFEF dengan Lopetegui sudah tidak berjalan baik setelah pengumuman Madrid tersebut.

Presiden RFEF Luis Rubiales (kanan) merasa dikhianati Julen Lopetegui.Presiden RFEF Luis Rubiales (kanan) merasa dikhianati Julen Lopetegui. (REUTERS/Susana Vera)
Dalam laporan itu, Rubiales merasa dikhianati Lopetegui yang baru saja memperpanjang kontraknya dengan timnas Spanyol hingga Piala Eropa 2020 pada 22 Mei. Marca menulis setibanya di Krasnodar, Rubiales meminta RFEF segera memecat Lopetegui.

"Ini bukan saatnya untuk bicara, tapi kami akan membuat keputusan yang paling sesuai untuk timnas. Kami akan melakukannya dengan tanggung jawab," kata Rubiales yang tengah jengkel dan bingung dikutip dari Marca.

Lopetegui dalam Ancaman Pemecatan jelang Piala Dunia 2018
Setelah adanya pengumuman dari Madrid, RFEF meminta kompensasi pelepasan Lopetegui kepada juara Liga Champions 2018 itu sebesar €2 juta atau setara dengan Rp32 miliar. 

Hanya saja, beberapa anggota di RFEF disebut-sebut mencoba menenangkan Rubiales. Orang-orang terdekat Rubiales meyakinkan presiden 40 tahun itu, bahwa memecat Lopetegui sebelum dimulainya pertandingan bisa mengganggu peluang timnas Spanyol di Piala Dunia 2018.

Timnas Spanyol akan menghadapi Portugal di laga pertama Piala Dunia 2018.Timnas Spanyol akan menghadapi Portugal di laga pertama Piala Dunia 2018. (REUTERS/Arnd Wiegmann)
Kendati demikian, tidak ada yang bisa menggaransi apakah Lopetegui akan tetap fokus untuk timnas Spanyol di Piala Dunia 2018 atau tidak.

Madrid secara mengejutkan membuat pengumuman Lopetegui sebagai pengganti Zinedine Zidane pada Selasa (12/6). Mantan pelatih FC Porto itu akan menangani Los Blancos hingga tiga musim ke depan setelah Piala Dunia 2018. (jun)