5 Fakta Menarik Jelang MotoGP Catalunya 2018

Putra Permata Tegar Idaman, CNN Indonesia | Rabu, 13/06/2018 16:19 WIB
5 Fakta Menarik Jelang MotoGP Catalunya 2018 Valentino Rossi jadi pebalap tersukses di MotoGP Catalunya. (REUTERS/Alessandro Bianchi)
Jakarta, CNN Indonesia -- Seri MotoGP 2018 akan berlanjut ke MotoGP Catalunya, 17 Juni. Berikut fakta menarik jelang balapan tersebut.

MotoGP Catalunya merupakan seri ketujuh balapan MotoGP 2018. Saat ini Marc Marquez memimpin klasemen dengan nilai 95 poin, unggul 23 angka dari Valentino Rossi yang ada di posisi kedua.


Berikut lima fakta menarik jelang MotoGP Catalunya 2018:


1. Dua musim terakhir, MotoGP Catalunya dikuasai oleh pebalap Italia. Valentino Rossi juara pada MotoGP 2016 sedangkan Andrea Dovizioso jadi pebalap tercepat pada musim lalu.

Andrea Dovizioso jadi juara MotoGP Catalunya tahun lalu.Andrea Dovizioso jadi juara MotoGP Catalunya tahun lalu. (Foto: REUTERS/Gonzalo Fuentes)
2. Valentino Rossi jadi pebalap dengan gelar juara terbanyak di Catalunya dengan catatan total 10 gelar. Rossi meraih tujuh gelar MotoGP/500cc, dua gelar 250cc, dan satu gelar 125cc.

3. Marc Marquez yang jadi raja MotoGP dalam beberapa tahun terakhir baru sekali meraih kemenangan di MotoGP Catalunya, yaitu pada 2013. Dua musim terakhir, Marquez harus puas sebagai runner up.


Marc Marquez baru sekali menjuarai MotoGP Catalunya.Marc Marquez baru sekali menjuarai MotoGP Catalunya. (Foto: REUTERS/Gonzalo Fuentes)
4. Terakhir kali pebalap Spanyol menguasai MotoGP Catalunya dengan memenangi tiga kelas yang ada, Moto3, Moto2, dan MotoGP adalah pada musim 2014. Saat itu Alex Marquez (Moto3), Tito Rabat (Moto2), dan Marc Marquez (MotoGP) sama-sama berhasil jadi pebalap tercepat di masing-masing kelas.

5 Fakta Menarik Jelang MotoGP Catalunya 2018
5. Jorge Lorenzo punya peluang untuk memetik dua kemenangan seri beruntun di MotoGP Catalunya. Terakhir kali Lorenzo meraih dua kemenangan seri beruntun adalah pada MotoGP Prancis dan MotoGP Italia di 2016.

Balapan MotoGP Catalunya pada 17 Juni mendatang bisa disaksikan lewat live streaming di CNNIndonesia. (sry)


BACA JUGA