Daftar Peluang Juara Piala Dunia 2018

Jun Mahares, CNN Indonesia | Kamis, 14/06/2018 11:23 WIB
Daftar Peluang Juara Piala Dunia 2018 Timnas Brasil jadi tim paling berpeluang juara Piala Dunia 2018. (REUTERS/Heinz-Peter Bader)
Jakarta, CNN Indonesia -- Sebanyak 32 kontestan Piala Dunia 2018 bakal bersaing untuk menjadi nomor satu. Namun berdasarkan statistik yang dilansir Opta, Brasil menjadi tim favorit juara pada edisi kali ini.

Brasil berada di posisi teratas dengan persentase juara sebesar 13,2 persen. Angka ini merupakan akumulasi di pertandingan internasional dalam kurun empat tahun ke belakang.

Pada edisi kali ini, Selecao layak dikatakan sebagai favorit juara dengan pemain bertabur bintang. Neymar, Philippe Coutinho, dan Roberto Firmino digadang sebagai trisula maut pengganti Rivaldo, Ronaldo, dan Romario.


Sementara tim juara bertahan, Jerman, menempati posisi kedua dengan angka 10,7 persen. Dua kekalahan dari lima laga uji coba terakhir membuat persentase skuat arahan Joachim Loew menurun.

Juara Piala Dunia 2014, Jerman, berada di peringkat kedua kandidat juara.Jerman berada di peringkat kedua kandidat juara Piala Dunia 2018. (AFP PHOTO / ADRIAN DENNIS)
Sedangkan Argentina, Prancis, dan Spanyol masing-masing berada di urutan ketiga, keempat, dan kelima dalam urutan prediksi juara.

Adapun Inggris yang mengklaim sebagai tempat kelahiran sepak bola ternyata hanya berada di posisi ke-11 dengan peluang juara 1,9 persen. Peluang juara The Three Lions masih berada di bawah Kolombia dan Jepang yang masing-masing menghuni peringkat delapan dan sembilan.

Daftar Tim Favorit Juara Piala Dunia 2018
Maroko menjadi negara dengan kemungkinan terkecil untuk menjadi juara Piala Dunia dengan peluang hanya 0,5 persen.

Data yang dilansir Opta mencakup pertandingan di babak Kualifikasi Piala Dunia, Piala Konfederasi, hingga pertandingan persahabatan. Lembaga data dan statistik ini tak menghitung kekuatan tim jika ada pemain bintang yang terpaksa absen karena cedera.

Daftar tim favorit jauara Piala Dunia 2018 versi Opta:

(sry)