Rusia Menang 5-0 Bukan Rekor di Laga Pembuka Piala Dunia

Haryanto Tri Wibowo, CNN Indonesia | Jumat, 15/06/2018 01:42 WIB
Rusia Menang 5-0 Bukan Rekor di Laga Pembuka Piala Dunia Pelatih timnas Rusia Stanislav Cherchesov merayakan gol ketiga ke gawang Arab Saudi. (REUTERS/Maxim Shemetov)
Jakarta, CNN Indonesia -- Kemenangan 5-0 timnas Rusia atas Arab Saudi di Stadion Luzhniki, Moskow, Kamis (14/6), bukanlah kemenangan terbesar di laga pembuka Piala Dunia.

Dua gol dari Denis Cheryshev, dan masing-masing satu gol dari Yuri Gazinsky, Artem Dzyuba, dan Aleksandr Golovin memastikan kemenangan 5-0 Rusia atas Arab Saudi pada pertandingan pertama Grup A Piala Dunia 2018.

Berdasarkan statistik Opta, skor 5-0 merupakan kemenangan kedua terbesar di laga pembuka Piala Dunia. Kemenangan 5-0 Rusia hanya kalah dari kemenangan 7-1 timnas Italia atas Amerika Serikat pada laga pembuka Piala Dunia 1934.


Rusia Menang 5-0 Bukan Rekor di Laga Pembuka Piala DuniaPelatih timnas Rusia Stanislav Cherchesov merayakan kemenangan timnya atas Arab Saudi (REUTERS/Carl Recine)
Kemenangan atas Arab Saudi membuat Rusia menjaga rekor tuan rumah tidak pernah kalah di laga pembuka Piala Dunia. Hanya Inggris [1966], Meksiko [1970], dan Afrika Selatan [2010] tiga tuan rumah yang gagal menang di laga pertama Piala Dunia.

Rusia Menang 5-0 Bukan Rekor di Laga Pembuka Piala Dunia
Pelatih timnas Rusia Stanislav Cherchesov mengaku puas timnya bisa memberi kemenangan untuk suporter. Terlebih ini adalah kemenangan pertama Rusia dalam delapan pertandingan terakhir.

"Terkadang kemenangan seperti ini adalah sumber kebahagiaan untuk suporter. Saya ingin memastikan kalau saya senang dengan cara skuat saya meraih kemenangan, bagaimana mereka bermain tenang dalam tekanan di laga pembuka," ujar Cherchesov dikutip dari situs resmi FIFA.

Timnas Rusia mengakhir paceklik kemenangan dengan mengalahkan Arab Saudi.Timnas Rusia mengakhir paceklik kemenangan dengan mengalahkan Arab Saudi. (REUTERS/Christian Hartmann)
Selanjutnya timnas Rusia akan menghadapi Mesir pada laga kedua Grup A di Stadion Krestovsky, 19 Juni mendatang. Cherchesov mengatakan laga melawan Mesir akan lebih sulit bagi timnas Rusia.

"Melawan timnas Mesir adalah pertandingan yang berbeda, kota dan stadion yang berbeda. Kami harus harus melakukan persiapan dengan baik," ucap Cherchesov.

Kemenangan atas Arab Saudi membuat timnas Rusia untuk sementara memuncaki klasemen Grup A dengan torehan tiga poin. Laga kedua Grup A akan mempertemukan Mesir vs Uruguay, Jumat (15/6).

[Gambas:Video CNN] (nva)