Prediksi Timnas Maroko vs Iran di Piala Dunia 2018

CNN Indonesia, CNN Indonesia | Kamis, 14/06/2018 21:08 WIB
Prediksi Timnas Maroko vs Iran di Piala Dunia 2018 Prediksi timnas Maroko vs Iran. (REUTERS/Ints Kalnins)
Jakarta, CNN Indonesia -- Pertandingan antara timnas Maroko melawan Iran di Stadion Krestovsky, Jumat (15/6), bakal menjadi laga pembuka Grup B Piala Dunia 2018. Berikut prediksi CNNIndonesia.com soal pertandingan ini.

Maroko dan Iran memiliki kekuatan yang nyaris seimbang. Materi pemain tim asal Afrika Utara tersebut sedikit lebih baik dibandingkan Team Melli.

Tim berjulukan Atlas Lions memiliki sejumlah pemain andalan yang tampil di kompetisi Eropa. Mereka antara lain Achraf Hakimi di Real Madrid, sang kapten Medhi Benatia (Juventus), dan Amine Harit (Schalke).


Berikut prediksi pertandingan Maroko vs Iran menurut tim redaksi olahraga CNNIndonesia.com:

Duel Berakhir Imbang (Haryanto Tri Wibowo)

Duel dua tim beda benua itu dipastikan akan berlangsung menarik. Dua tim yang berambisi meraih kemenangan penting sebelum menghadapi dua tim terbaik di Grup B, yakni timnas Portugal dan timnas Spanyol.

Timnas Iran memiliki kekuatan yang nyaris seimbang dengan Maroko. (Timnas Iran memiliki kekuatan yang nyaris seimbang dengan Maroko. (Foto: REUTERS/Murad Sezer)

Di atas kertas Maroko memiliki skuat yang lebih baik daripada Iran. Namun, Iran merupakan salah satu tim terbaik di Asia dan bukan tim yang mudah untuk dikalahkan.

Maroko punya rekor luar biasa jelang tampil di Piala Dunia 2018 dengan tidak terkalahkan sejak 2017. Namun, Iran meraih dua kemenangan dari tiga laga uji coba sebelum melawan Maroko. Peluang terbaik Iran adalah menahan imbang Maroko jika mampu menunjukkan performa terbaiknya.

Maroko Menang Setelah 20 Tahun Absen di Piala Dunia (Nova Arifianto)

Maroko punya sistem bermain yang cair. Dari 4-4-2 ketika bertahan menjadi 4-3-3 ketika menyerang. Pelatih Herve Renard pun bisa menggunakan aturan 4-2-3-1.

Hakim Ziyech, Nordin Amrabat, dan Younes Belhanda bisa membuat Maroko tangguh di depan Sementara Medhi Benatia, Achraf Hakimi, dan Nabil Dirar terbukti ampuh menggalang pertahanan sehingga Maroko hanya kebobolan satu gol di fase kualifikasi.

Iran diuntungkan dengan kerja sama jangka panjang Carlos Queiroz. Setelah gagal di Piala Dunia 2014, mantan pelatih Real Madrid itu tahu formula baru untuk anak asuhnya.

Bermain lebih menyerang, itu yang akan dilakukan Team Melli untuk meraih poin di pertandingan pertama Piala Dunia 2018. Tapi tanpa Saeed Ezatolahi di posisi gelandang bertahan, bermain terbuka bisa menjadi bumerang.

Maroko Menang Tipis (Putra Permata Tegar Idaman)

Maroko jadi salah satu tim dengan persiapan menuju Piala Dunia yang apik. Mereka mampu menjalani 11 pertandingan tanpa terkalahkan dengan catatan sembilan kali menang dan dua kali imbang. Maroko bahkan terakhir kali kalah pada bulan Juni tahun lalu saat mereka tumbang 0-1 di hadapan Kamerun.
Timnas Maroko bisa menang tipis atas Iran. (REUTERS/Ints Kalnins)Timnas Maroko bisa menang tipis atas Iran. (Foto: REUTERS/Massimo Pinca)
Untuk bisa membuka peluang mencuri tiket menuju 16 besar, maka Maroko harus meraih tiga poin pada laga lawan Iran sebelum akhirnya berduel lawan Portugal dan Spanyol. Di atas kertas, Mehdi Benatia dan kawan-kawan juga punya materi tim yang lebih baik dibandingkan Iran.

Ayoub El Kaabi, striker muda Maroko jadi sosok yang patut diwaspadai oleh lini belakang Iran. Laga ini akan berakhir dengan kemenangan tipis 2-1 untuk Maroko.

Maroko dan Iran Berbagi Angka (Ahmad Bachrain)

Maroko dan Iran merupakan dua tim bukan unggulan di Grup B Piala Dunia 2018. Tampil di laga perdana, dua tim tersebut tentu berusaha tampil total demi meraih hasil maksimal.

Laga sendiri bakal berlangsung alot karena kedua tim bisa dibilang punya kekuatan yang hampir berimbang. Meski memiliki kualias sedikit lebih baik dari Iran, Mehdi Benatia dan kawan-kawan tetap akan kesulitan menghadapi lawannya nanti.

Iran juga masih bisa memberikan ancaman serius dengan permainan umpan-umpan silang. Saya prediksi Maroko dan Iran bakal berbagi angka dengan skor 1-1.

Maroko Meraih Tiga Poin Pertama (Surya Sumirat)

Timnas Maroko akan lebih banyak mengandalkan kedua sisi sayapnya saat menghadapi Iran. Sumber serangan dan juga gol-gol Maroko ke gawang Iran bisa berasal dari permainan Amine Harit dan Hakim Ziyech. Serangan dari sektor tengah hanya terjadi ketika salah satu sayap Maroko mengalami kebuntuan.

Skor pada pertandingan kali ini 2-0 untuk Maroko. Pertandingan ini juga bakal berlangsung sengit, karena kedua tim sama-sama bertekad meraih hasil maksimal sebelum meladeni Portugal dan Spanyol di laga berikutnya.

Peluang Maroko dan Iran untuk meraih poin bahkan kemenangan di Piala Dunia 2018 bisa jadi hanya ada pada pertandingan ini. Pasalnya, mereka bakal sulit menang menghadapi Portugal dan Spanyol di dua laga berikutnya.

Iran Unggul Tipis Lawan Maroko (Jun Mahares)

Iran layak diunggulkan saat menghadapi Maroko di fase Grup B Piala Dunia 2018. Skuat arahan Carlos Queiroz itu punya duet penyerang potensial, Alireza Jahanbakhsh dan Karim Ansarifard untuk membobol gawang Maroko.

Dalam statistik yang dilansir Opta, Iran menghuni urutan 24 daftar tim yang punya peluang juara. Sementara Maroko berada di urutan buncit atau yang terendah di antara kontestan lainnya.

Dengan skuat yang dimiliki, Iran saya prediksi bisa memenangi pertandingan dengan skor 1-0 atau minimal dengan selisih satu gol. Hanya saja, peluang kedua tim untuk lolos fase grup teramat berat karena harus menghadapi dua tim unggulan: Spanyol dan Poertugal. (bac)