Ronaldo Gabung ke Juventus, Man United Dapat Rp57 Miliar

Surya Sumirat, CNN Indonesia | Rabu, 11/07/2018 18:10 WIB
Ronaldo Gabung ke Juventus, Man United Dapat Rp57 Miliar Cristiano Ronaldo mengawali lembaran baru dalam karier dengan bergabung ke Juventus. (REUTERS/Phil Noble)
Jakarta, CNN Indonesia -- Manchester United bisa mendapatkan keuntungan sebesar £3 juta atau setara dengan Rp57 miliar dari penjuaran Cristiano Ronaldo ke Juventus oleh Real Madrid.

Cristiano Ronaldo mengakhiri petualangan sembilan tahun bersama Madrid dengan gabung Juventus untuk musim depan. Ronaldo meninggalkan El Real setelah Juventus menaikkan tawarannya menjadi £105 juta untuk kontrak empat tahun ke depan.

Dikutip dari Mirror, dengan angka sebesar itu maka Manchester United sebagai mantan klub Ronaldo berhak atas kompensasi dari penjualan tersebut. Kompensasi untuk Setan Merah itu tertuang dalam aturan Mekanisme Solidaritas FIFA.


Ronaldo Gabung ke Juventus, Man United Dapat Rp57 Miliar
Di dalam regulasi status transfer dan pemain halaman 25 pasal 21 menyebutkan: Jika (pemain) profesional ditransfer sebelum kontraknya habis, setiap klub yang berkontribusi dalam pendidikan dan pelatihannya harus menerima proporsi pembayaran kompensasi (kontribusi solidaritas).

Cristiano Ronaldo menghabiskan enam musim bersama Man United.Cristiano Ronaldo menghabiskan enam musim bersama Man United. ( AFP PHOTO / NICOLAS ASFOURI)
Rincian jumlah uang yang bisa diterima Man United tertuang dalam Lampiran 5 di halaman 70. Ronaldo berlatih di Man United selama enam musim, sejak usia 18 sampai 23 tahun. Dengan begitu The Red Devils akan menerima 0,5 persen dari biaya transfer keseluruhan.

Mirror menyebut Man United bisa mengantongi sekitar £3 juta dari transfer Ronaldo yang mencapai angka £100 juta. Klub Ronaldo sebelum di Man United, Sporting Lisbon juga akan kebagian 'jatah' dengan menerima kompensasi £2 juta.

Gagasan di balik aturan itu adalah sang pemain memberi semacam imbalan finansial kepada klub-klub yang telah meluangkan waktu, uang, dan usaha mereka untuk melatih pesepakbola.

Mirror juga melaporkan Ronaldo nyaris bergabung dengan Juventus pada 2002, setahun sebelum pindah ke Inggris. Namun, kesepakatan itu gagal setelah Marcelo Salas menolak untuk pindah ke Sporting. (nva)