Ronaldo: Pemain Seusia Saya Biasanya ke Qatar atau China

Arif Hulwan Muzayyin, CNN Indonesia | Selasa, 17/07/2018 16:09 WIB
Ronaldo: Pemain Seusia Saya Biasanya ke Qatar atau China Cristiano Ronaldo mengaku tetap bisa bermain di liga teratas dunia meski sudah berusia 33. (REUTERS/Toru Hanai)
Jakarta, CNN Indonesia -- Cristiano Ronaldo (33) menyebut bahwa usia tak berpengaruh baginya untuk tetap berkarier di sepak bola level tinggi. Ia bahkan menyindir pemain yang memilih pergi ke China atau Qatar saat sudah seusianya.

Ronaldo resmi berseragam Juventus pada Senin (16/7) waktu setempat, usai lolos tes medis. Ia bergabung dengan raksasa Serie A itu setelah pergi dari Real Madrid dengan nilai transfer mencapai £105 juta.

"Dengan segala hormat, biasanya para pemain seusia saya pergi ke [liga] Qatar atau China. Sangat bahagia bisa bergabung di klub hebat dan penting di titik karier saya ini," ucapnya, dikutip dari Sky Sports.


Diketahui, pemain yang seusia Ronaldo memilih pergi ke liga-liga medioker, seperti Liga Qatar, Liga China, MLS di Amerika Serikat.

Eks pemain Barcelona Javier Mascherano memilih bermain di China saat sudah berkepala tiga.Eks pemain Barcelona Javier Mascherano (kanan) memilih bermain di China saat sudah berkepala tiga. (Reuters / Albert Gea)
Misalnya, eks bintang timnas Belanda Wesley Sneijder (34) yang bergabung dengan klub Qatar Al-Gharafa, eks pemain Atletico Madrid Gabi bergabung ke klub Al Sadd di Qatar.

Selain itu, ada gelandang timnas Argentina Javier Mascherano (34) yang memilih berlabuh di Liga Super China, Hebei China Fortune.

Mantan kapten Atletico Madrid Gabi bergabung ke klub Qatar.Mantan kapten Atletico Madrid Gabi bergabung ke klub Qatar. (Reuters / Juan Medina)
Ronaldo menyebut bahwa dirinya tak ingin meniru para pemain itu. Dia mengaku masih bisa menjalani sepak bola level tinggi di usianya.

"Saya berbeda dengan semua pemain yang beranggapan kariernya berakhir saat mencapai usia ini," ucapnya.

"Usia itu tak penting. Saya merasa sehat, termotivasi, dan antusias," imbuh pemain yang sudah meraih lima gelar pemain terbaik dunia itu.

Soal peluang untuk meraih Ballon d'Or keenamnya sekaligus melampaui bintang Argentina Lionel Messi yang sama-sama sudah meraih lima gelar, Ronaldo mengaku tak terlalu berambisi.

Cristiano Ronaldo sat tiba di Turin untuk melakukan tes medis.Cristiano Ronaldo sat tiba di Turin untuk melakukan tes medis. (REUTERS/Massimo Pinca)
"Saya selalu ingin menang dan jadi yang terbaik," ucap dia. "Jika semuanya berjalan baik, saya mungkin punya kesempatan memenangkannya. Namun, ini bukan hal yang buat saya tidak bisa tidur," tepisnya.

Mantan pemain Sporting Lisbon ini menyelesaikan tes medisnya di Turin, Italia, Senin (16/7) waktu setempat.

Ronaldo memastikan bahwa dirinya dalam kondisi prima untuk berkompetisi di Serie A Italia.

Dua rival abadi, Cristiano Ronaldo dan Lionel Messi.Dua rival abadi, Cristiano Ronaldo dan Lionel Messi. (AFP PHOTO / Josep LAGO)
"Saya sangat sehat secara fisik, mantal, dan emosional, sehingga saya bangga berada di sini," aku dia.

Juventus sendiri sudah memulai latihan pramusim tanpa Ronaldo. Bintang timnas Portugal ini mengaku baru akan bergabung pada 30 Juli.

(bac)