Mengenal Tiga Tim Promosi Liga Inggris 2018/2019

CNN Indonesia, CNN Indonesia | Jumat, 10/08/2018 19:53 WIB
Mengenal Tiga Tim Promosi Liga Inggris 2018/2019 Andre Schuerrle jadi salah satu pemain anyar yang mungkin mengangkat performa Fulham. (Reuters/Andrew Couldridge)
Jakarta, CNN Indonesia -- Kegembiraan paling besar menyambut musim baru Liga Inggris dirasakan oleh tim promosi. Kini mereka berusaha agar tak sekadar numpang lewat di divisi teratas.

Liga Inggris memberikan slot untuk tiga tim teratas divisi Championships di musim lalu untuk merasakan kerasnya kompetisi Liga Primer Inggris.

Tiga tim promosi yang berhasil masuk Liga Primer Inggris 2018/2019 adalah Wolverhampton Wanderers, Cardiff City dan Fulham.


Liga Inggris musim 2018/19 akan bergulir pada Sabtu ini. Sebelum kita menyaksikan kiprah dari tim promosi di Premier League musim ini, berikut adalah profil tim-tim promosi musim ini.

Wolverhampton Wanderers

Wolverhampton datang dengan status sebagai juara divisi Championship dengan berada di peringkat pertama dan mengumpulkan poin 99 poin dan meraih 30 kemenangan.

Wolverhampton bukanlah tim kacangan jika melihat sejarah mereka di Liga Inggris. Tim ini pernah merasakan gelar juara liga Inggris sebanyak tiga kali saat masih bernama Football League First Division. Dari tiga gelar tersebut, dua diantaranya dapat mereka menangkan secara beruntun pada musim 1957/1958 dan 1958/1959.


Dibawah asuhan Nuno Espirito Santo, Wolverhampton berbenah dengan banyak mendatangkan pemain-pemain yang berkualitas untuk dapat bersaing dengan klub-klub lain di Liga Inggirs.

Wolverhampton Wanderers punya banyak pemain Portugal di dalam timnya.Wolverhampton Wanderers punya banyak pemain Portugal di dalam timnya. (Reuters/Craig Brough)
Di bursa transfer kali ini, Wolverhampton mendatangkan banyak pemain, sebagian besar berasal dari Portugal. Cita rasa Portugal sangat terasa didalam tim Wolverhampton. Bagaimana tidak, Wolves memiliki 7 pemain yang berasal dari negara jawara eropa 2016.

Rui Patricio di posisi kiper dan Joao Moutinho di posisi gelandang membuat Wolverhampton tak bisa dipandang sebelah mata. Mereka juga masih punya Adama Traore.

Cardiff City

Berada di peringkat kedua pada divisi Championship musim 2017/18 membuat Cardiff City bisa menemani Wolverhampton naik ke Liga Inggris musim 2018/19.

Cardiff selalu ada di papan atas sejak awal kompetisi divisi Championships dimulai. Peringkat terburuk yang ditempati Cardiff adalah posisi keempat.

Profil Tim Promosi Liga Inggris 2018/2019Cardiff City (REUTERS/Rebecca Naden)
Selain mambawa Cardiff City naik ke liga paling popular di dunia, Neil Warnock juga sukses mencatatkan rekor menjadi manajer pertama di Liga Inggris yang berhasil memenangkan delapan kali promosi.

Cardiff terakhir kali bermain di Liga Inggris pada musim 2013/2014. Saat itu Cardiff mengakhiri musim sebagai juru kunci.

Fulham

Mengalahkan Aston Villa 1-0 pada laga final play-off memantapkan jalan Fulham untuk dapat kembali menjajal kerasnya kompetisi Premier League untuk musim 2018/19.

Bagi tim yang bermarkas di Craven Cottage ini, Premier League bukan hal asing. Tercatat empat tahun yang lalu Fulham pernah bermain liga tertinggi di Inggris sebelum pada tahun akhir musim 2013/14 Fulham harus terdegradasi dan bermain di divisi championship dengan hanya berada di peringkat ke-19 dan mengumpulkan 32 point dari 38 pertandingan.

Fulham jadi tim promosi dengan aktivitas transfer palling menggeliat. Fulham melakukan tiga pembelian besar yaitu Jean Michael Serri (18 juta poundsterling), Aleksandar Mitrovic (22 juta poundsterling), dan Alfie Mawson (15 juta poundsterling). Mereka juga punya Andre Schuerrle yang datang dengan status sebagai pemain pinjaman. (rei/bac)