Asian Games 2018

Kerja Keras Empat Tahun Hasilkan Perak Asian Games 2018

Titi Fajriyah, CNN Indonesia | Minggu, 26/08/2018 00:03 WIB
Kerja Keras Empat Tahun Hasilkan Perak Asian Games 2018 I Gusti Bagus membutuhkan waktu latihan yang panjang sebelum berlaga di Asian Games 2018. (ANTARA FOTO/Zabur Karuru)
Jakarta, CNN Indonesia -- I Gusti Bagus Saputra menghabiskan waktu empat tahun untuk persiapannya menuju Asian Games 2018 dan berakhir dengan kalungan medali perak di podium balap sepeda BMX.

Setelah berupaya maksimal selama perlombaan, Bagus mengaku bersyukur dapat mengibarkan bendera Merah Putih di podium.

"Paling pertama prestasi ini buat masyarakat di daerah saya, NTB (Nusa Tenggara Barat). Terima kasih banyak doanya dari semua pihak," ungkap Bagus usai lomba di Pulomas BMX Center, Sabtu (25/8).


Sepanjang lomba, Bagus mengaku agak ketinggalan di lintasan pertama sehingga ia kesulitan untuk memberikan perlawanan. Bagus mengaku tidak ngotot untuk menyalip pebalap yang ada di depannya untuk menghindari tabrakan.

"Makanya saya mengalah sedikit, tapi mengambil lewat dalam posisinya. Tadi sempat perang juga dengan Filipina, tapi saya tidak mau kalah karena merasa unggul. Jadi saya geser terus biar dia tidak lewat."

"Pada akhirnya saya berpikir inilah hasilnya, pertandingan yang telah lama dinanti-nanti. Sudah lama latihan, lombanya cuma tiga jam selesai," ungkap Bagus.

Di lain sisi, Ketua Umum Pengurus Besar Ikatan Sepeda Sport Indonesia (PB ISSI) Raja Sapta Oktohari mengatakan para atletnya sudah berjuang dan menunjukkan pertarungan yang luar biasa.

Sampai saat ini, Tim sepeda Indonesia sudah mengoleksi dua medali emas, satu perak dan dua perunggu. Medali emas secara mengejutkan di raih Tim Indonesia dari nomor downhill putra dan putri.

"Sebagai Ketua Umum PB ISSI saya harus buat target tinggi supaya semua atlet semangat mengejarnya. Pemerintah target satu emas, alhamdulillah sudah kita lewati dan dapat dua emas. Tapi sebagai federasi kita tidak boleh berhenti," sebut Okto.

Cabang olahraga balap sepeda masih menyisakan nomor track yang digelar di Jakarta International Velodrome Rawamangun, Senin (27/8). Peluang untuk mendapatkan medali juga masih terbuka dari Rio Akbar dan Elga Kharisma Novanda.

"Besok masih ada nomor track, mudah-mudahan kita bisa dapat banyak medai lagi dari sana. Kita doakan dulu Elga sama Rio Akbar yang akan turun di nomor track," pintanya. (nva/nva)