Asian Games 2018

Enam Kontingen Asian Games 2018 Tinggalkan Kampung Atlet JSC

Arby Rahmat, CNN Indonesia | Jumat, 31/08/2018 03:04 WIB
Enam Kontingen Asian Games 2018 Tinggalkan Kampung Atlet JSC Enam kontingen Asian Games 2018 sudah tinggkalkan Kampung Atlet JSC. (CNN Indonesia/Adhi Wicaksono)
Palembang, CNN Indonesia -- Enam kontingen di Asian Games 2018 sudah mulai meninggalkan Kampung Atlet Jakabaring Sport City (JSC), Palembang, untuk kembali ke negara mereka masing-masing.

Berdasarkan data yang diterima CNNIndonesia.com, peserta dari Afganistan, Banglades, Arab Saudi, Lebanon, dan Oman, sudah tak lagi menginap di Kampung Atlet per 29 Agustus. Sedangkan 34 kontingen lain masih tinggal di sana.


"Sudah banyak [yang pulang], saya belum tahu bagaimana cerita atau kesan mereka selama tinggal di sini sebelum pulang. Sayangnya kami tidak ada acara perpisahan di sini," kata Venue Cluster Manager JSC Aminuddin kepada CNNIndonesia.com, Kamis (30/8).


Sama dengan Amin, Sekretaris JSC Mirza Zulkarnain Mursalin juga membenarkan sebagian atlet sudah pulang lebih dahulu. "Tapi akan ada yang datang lagi, karena masih ada triathlon. Para atlet baru datang dua hari sebelum bertanding," katanya.

Salah satu sudut Wisma Atlet Jakabaring.Salah satu sudut Wisma Atlet Jakabaring. (CNN Indonesia/Adhi Wicaksono)

Final Cabang olahraga triathlon putri di JSC bakal dimulai pada Jumat (31/8). Sedangkan final triathlon putra dan campuran dihelat pada Sabtu (1/9) dan Minggu (2/9).

Saat berita ini dibuat, klasemen sementara Asian Games 2018 masih dipimpin China yang memiliki 241 medali dengan rincian 112 medali emas, 76 perak, dan 53 perunggu.

Indonesia berada di urutan keempat dengan 30 medali emas, 23 medali perak, dan 37 medali perunggu. Sedangkan Suriah menjadi negara terbawah dalam klasemen sementara di peringkat ke-37 dengan satu medali perunggu lewat cabang olahraga atletik nomor lompat jauh putra.

Khusus bagi Indonesia, koleksi 30 medali emas melewati target awal yang dibebankan Kemenpora. Tim Merah Putih masih memiliki peluang untuk menambah medali di beberapa cabang olahraga lainnya. (jun/nva)