Kemenpora Sambut Baik Perpanjangan Kontrak Luis Milla

Tim, CNN Indonesia | Selasa, 18/09/2018 11:10 WIB
Kemenpora RI menyambut baik keputusan Luis Milla memperpanjang kontrak bersama Timnas Indonesia untuk setahun ke depan. Kemenpora anggap belum yang lebih baik dari Luis Milla. (ANTARA FOTO/Sigid Kurniawan)
Jakarta, CNN Indonesia -- Kementerian Pemuda dan Olahraga Republik Indonesia (Kemenpora RI) menyambut baik keputusan Luis Milla memperpanjang kontrak bersama Timnas Indonesia untuk setahun ke depan.

Menurut Kemenpora, tidak ada yang lebih baik dari Luis Milla untuk saat ini. Pelatih asal Spanyol itu kembali menukangi Timnas Indonesia untuk Piala AFF 2018 setelah gagal capai target di SEA Games 2017 dan Asian Games 2018. Kepastian tersebut diketahui usai rapat komite eksekutif (Exco) PSSI di The Sultan Hotel pada Senin (17/9)

Lihat juga: Luis Milla Sepakat Perpanjang Kontrak di Timnas Indonesia


Mantan pelatih timnas Spanyol U-21 itu rencananya tiba di Indonesia pada 9 Oktober atau sehari sebelum Timnas Indonesia uji coba lawan Myanmar.

"Saya kira apa pun yang diputuskan, kami menghormati dan ada solusinya begitu. Kalau bisa datang di awal Oktober, itu kondisi yang harus dihormati. Itu kabar baik," kata Sesmenpora Gatot S. Dewa Broto kepada CNNIndonesia.com pada Selasa (18/9).

"Semoga dengan kepastian Luis Milla ini, mengakhiri polemik yang selama ini ada. Karena selama ini belum ada pelatih yang lebih baik dari Milla," katanya menambahkan.

Sebelumnya, Wakil Ketua Umum PSSI Joko Driyoni menyampaikan ada empat poin penting dalam pertemuan Exco PSSI terkait Milla.

Kemenpora menghormati keputusan PSSI yang memperpanjang kontrak Luis Milla.Kemenpora menghormati keputusan PSSI yang memperpanjang kontrak Luis Milla. (CNN Indonesia/Riva Dessthania Suastha)
Pertama, ujar Joko, PSSI memastikan kembali Luis jadi pelatih timnas. Kedua, ujarnya kembali, respons Luis sangat positif dan senang.

"Ketiga, ini sifatnya ada kaitan dengan lini waktu. Dia bisa bergabung paling cepat 9 Oktober karena ada urusan UEFA Pro dia," tutur Joko.

"Poin keempat, kesepakatan yang disepakati kedua belah pihak [PSSI dan Milla] akan dituangkan dalam bentuk kontrak yang sekarang difinalisasi Sekjen. Mudah-mudahan finalisasi kontrak tersebut dapat tuntas sepekan mendatang," tuturnya lagi.

Lihat juga: Milla Akan Mulai Melatih Timnas Indonesia Saat Lawan Myanmar
Timnas Indonesia U-16

Selain soal Milla, Sesmenpora juga memberikan dukungan kepada Timnas Indonesia U-16 yang tidak lama lagi akan bertanding dalam Piala Asia U-16 pada 20 September hingga 7 Oktober mendatang. Di sana, skuat asuhan Fakhri Husaini tergabung dalam Grup C bersama Iran, Vietnam, dan India.

"Pak Menpora [Menteri Pemuda dan Olahraga Republik Indonesia, Imam Nahrawi] akan menegok mereka dan memberikan semangat. Semoga target masuk empat besar bisa tercapai," ucap Gatot. (arby/bac)