Indra Diminta Percaya Kualitas Striker Timnas Indonesia U-19

Tim, CNN Indonesia | Kamis, 18/10/2018 14:51 WIB
Indra Diminta Percaya Kualitas Striker Timnas Indonesia U-19 Penyerang Timnas Indonesia U-19 Hanis Saghara Putra gagal memanfaatkan peluang saat melawan Arab Saudi. (CNN Indonesia/Andry Novelino)
Jakarta, CNN Indonesia -- Pelatih Timnas Indonesia U-19 Indra Sjafri diminta untuk tidak ragu dalam memainkan penyerang di Piala Asia U-19 2018 yang dimulai pada Rabu (18/10).

Hal itu menjadi sorotan pengamat sepak bola, Mohamad Kusnaeni. Menurut Kusnaeni Indra Sjafri tidak memberikan waktu bermain yang cukup kepada para penyerangnya seperti M Rafli Mursalim dan Hanis Saghara Putra dalam beberapa uji coba terakhir.

Karena itu juga komentator berusia 51 ini mengira sebagian orang ragu melihat grafik penampilan Garuda Nusantara selama uji coba. Dalam dua uji coba terakhir jelang Piala Asia U-19, Timnas Indonesia mencatat satu kali kalah dari Arab Saudi U-19 (1-2) dan satu kali menang lawan Yordania U-19 (3-2) di Stadion Wibawa Mukti.


"Menang dan kalah itu saya pikir akan mematangkan tim ini, membuat mereka tampil lebih maksimal di Piala AFC. Hanya mungkin kalau saya boleh usul pada coach Indra, harus lebih berani pasang penyerang. Penyerang itu kalau tidak cukup lama diberi kesempatan atau cepat diganti, jadi tidak punya juga rasa percaya diri," kata Kusnaeni kepada CNNIndonesia.com.

"Saya lihat kecenderungan Indra ini tidak cukup sabar melihat penyerangnya, buru-buru diganti dalam kurun waktu 45 menit atau 30 menit. Sehingga penyerangnya itu tidak ada yang bisa percaya diri. Kalau yakin sama Rafli [Mursalim] ya Rafli, Hanis [Saghara Putra] ya Hanis, pokoknya siapapun," katanya menambahkan.

Indra Sjafri diminta percaya penuh kepada penyerang Timnas Indonesia U-19.Indra Sjafri diminta percaya penuh kepada penyerang Timnas Indonesia U-19. (Dok. PSSI)
Di turnamen Piala Asia U-19, Timnas Indonesia U-19 berada dalam Grup A bersama Uni Emirat Arab, Qatar, dan Taiwan. Laga perdana Garuda Nusantara adalah melawan Taiwan di Stadion Utama Gelora Bung Karno pada malam ini.

Sementara, Direktur Teknik PSSI Danurwindo yakin pertandingan pertama akan jadi laga penting bagi kedua tim.

"Bisa dikatakan pertandingan yang sulit bagi kedua tim karena ini pertandingan pertama. Tapi buat Timnas Indonesia U-19 sendiri kan bermain di kandang, pasti punya keuntungan-keuntungan dari dukungan penonton. Itu nomor satu. Dibanding Qatar dan Uni Emirat Arab, Taiwan lawan kita yang tidak diunggulkan," ucap Danur.

"Tapi apapun ini, kita harus konsentrasi, lebih konsentrasi dalam pertandingan. Kalau lihat kualitas pemain dari kedua tim, kita punya kans untuk dapat poin," ujarnya. (map/sry)