Indra Sjafri Kaget Rekor Timnas Indonesia U-19 di Piala Asia

CNN Indonesia | Kamis, 25/10/2018 20:25 WIB
Indra Sjafri Kaget Rekor Timnas Indonesia U-19 di Piala Asia Indra Sjafri tak menyangka Timnas Indonesia U-19 cetak rekor 40 tahun lolos ke perempat final Piala Asia U-19. (CNN Indonesia/Hesti Rika)
Jakarta, CNN Indonesia -- Pelatih Timnas Indonesia U-19, Indra Sjafri, mengaku kaget dan tak menyangka Garuda Nusantara sudah mencetak rekor di Piala Asia U-19 2018.

Witan Sulaeman dan kawan-kawan mencatatkan rekor kembali mengulang sejarah 40 tahun lolos ke perempat final Piala Asia U-19. Garuda Nusantara lolos ke perempat final di edisi tahun ini setelah mengalahkan Uni Emirat Arab 1-0 pada laga terakhir Grup A di Stadion Utama Gelora Bung Karno (SUGBK), Rabu (24/10).

Merah Putih terakhir kali tembus ke perempat final Piala Asia U-19 pada edisi 1978 di Bangladesh. Saat itu Bambang Nurdiansyah dan kawan-kawan ke perempat final sebagai runner-up Grup A menemani juara grup Irak.


Langkah Timnas Indonesia U-19 terhenti di fase gugur itu setelah kalah 0-2 dari Korea Utara. Meski hanya sampai perempat final Piala Asia U-19, skuat muda Merah Putih tampil di Piala Dunia U-20 1979 di Jepang menggantikan Irak.

Timnas Indonesia U-19 lolos ke perempat final setelah mengalahkan UEA 1-0 di laga pamungkas Grup A Piala Asia U-19 2018. (Timnas Indonesia U-19 lolos ke perempat final setelah mengalahkan UEA 1-0 di laga pamungkas Grup A Piala Asia U-19 2018. (Foto: CNN Indonesia/Hesti Rika)
Kini Garuda Nusantara mengulang sukses ke perempat final kejuaraan sepak bola usia muda se-Asia itu. Indra Sjafri juga secara pribadi mampu memperbaiki pencapaiannya pada percobaan kedua di Piala Asia U-19.

Pada Piala Asia U-19 di Myanmar pada 2014, Evan Dimas dan kawan-kawan yang saat itu juga diasuh Indra Sjafri hanya mentok di fase grup.

Garuda Jaya yang waktu itu tergabung bersama Uni Emirat Arab, Uzbekistan, dan Australia bahkan berakhir di posisi terbawah klasemen sementara Grup B.

"Tentu saja kalau dilihat secara pencapaian ini mengindikasikan bahwa Timnas Indonesia U-19 yang saya latih sekarang memang lebih baik dibandingkan sebelumnya [di Piala Asia U-19]. Waktu itu kami hanya sampai fase grup, sekarang hingga perempat final."

"Saya harus akui itu. Namun, saya memang tidak tahu [sebelumnya] soal catatan rekor bahwa sudah 40 tahun terakhir kali kita [Indonesia] ke perempat final [Piala Asia U-19]. Saya kaget juga dengar itu dari Sekjen [PSSI Ratu Tisha Destria]," ucap Indra kepada CNNIndonesia.com melalui sambungan telepon, Kamis (25/10).

Saking tak percaya, Indra Sjafri kembali menanyakan kepada CNNIndonesia.com perihal kepastian rekor yang berhasil diulangi lagi Timnas Indonesia U-19 dalam 40 tahun tersebut.

"Tapi benar begitu [rekor Timnas Indonesia U-19] ya? Kalau memang benar, tentu kabar bagus bagi kita. Tinggal sekarang ciptakan rekor baru tembus ke semifinal."

"Doakan saja, kalau Allah mengizinkan, Insya Allah kami bisa ke sana [semifinal Piala Asia U-19]," tutur Indra Sjafri.

Timnas Indonesia U-19 harus menghadapi tim kuat Jepang di babak perempat final, Minggu (28/10). Jepang merupakan juara Piala Asia U-19 2016 di Bahrain. (bac/har)


BACA JUGA