Timnas Indonesia U-19 Tidak Kapok Hadapi Jepang

CNN Indonesia | Kamis, 25/10/2018 13:35 WIB
Timnas Indonesia U-19 Tidak Kapok Hadapi Jepang Timnas Indonesia U-19 menghadapi Jepang dalam laga uji tanding. (CNN Indonesia/Andry Novelino)
Jakarta, CNN Indonesia -- Pemain-pemain Timnas Indonesia U-19 tidak jera berhadapan dengan timnas Jepang yang pernah mengalahkan mereka dalam laga uji tanding, Maret 2018. Tim Merah Putih akan bertemu Jepang pada perempat final Piala Asia U-19 2018.

Tim Garuda Nusantara yang menempati peringkat kedua Grup A dipastikan menghadapi tim muda Samurai Biru selaku juara Grup B pada babak perempat final.

Kedua kesebelasan pernah bertemu dalam ajang uji coba. Ketika itu Saddil Ramdani dan kawan-kawan dilatih Bima Sakti menggantikan Indra Sjafri yang dipecat PSSI setelah gagal di Piala AFF U-18 2017 dan kualifikasi Piala Asia U-19.


Pertandingan yang berlangsung di Stadion Utama Gelora Bung Karno itu berakhir dengan kemenangan 4-1 untuk Jepang. Pernah mengalami kekalahan dari Jepang tidak membuat Timnas Indonesia U-19 ketakutan bertemu dengan anak asuh Masenaga Kageyama untuk kali kedua.

Timnas Indonesia U-19 akan bertemu timnas Jepang dalam perempat final Piala Asia U-19 2018.Timnas Indonesia U-19 akan bertemu timnas Jepang dalam perempat final Piala Asia U-19 2018. (CNN Indonesia/Andry Novelino)
"Alhamdulillah kami bisa raih hasil maksimal dan lolos dari fase grup. Secara tim kami main bagus, sesuai skema apa yang dibilang coach," kata Firza usai pertandingan.

"Kami tidak takut [lawan Jepang], lawan siapa pun kami tidak takut karena sejauh ini kami sudah berjuang mati-matian dan buat bangga Indonesia supaya bisa lolos ke Piala Dunia," ujar pemain asal PSMS Medan itu.

Selain Firza, Syahrian Abimanyu juga menyatakan siap menghadapi Jepang dalam laga perebutan tiket ke Piala Dunia U-20 di Polandia 2019.

"Tidak ada masalah, yang tidak boleh kita takut atau kita lawan cuma orang tua dan Tuhan. Kita optimistis, apalagi kita tuan rumah, tidak takut. Kita sama-sama makan nasi, mereka juga main bola. Pasti kita bisa lawan mereka," tandas Abimanyu.

Firza dan Abi merupakan dua pemain yang tampil menjadi starter ketika Timnas Indonesia U-19 kalah dari timnas Jepang. Selain Firza dan Abi, beberapa pemain lainnya yang juga tampil sebagai pemain inti ketika bertemu Jepang, seperti Rachmat Irianto, Luthfi Kamal, Egy Maulana, Saddil Ramdani, dan Hanis Saghara. (nva/jun)