6 Calon Bintang di Piala AFF 2018

CNN Indonesia | Kamis, 08/11/2018 16:08 WIB
6 Calon Bintang di Piala AFF 2018 Stefano Lilipaly berpotensi tampil trengginas di Piala AFF 2018. (AFP PHOTO / HOANG DINH NAM)
Jakarta, CNN Indonesia -- Piala AFF menjadi salah satu ajang pembuktian bagi para pemain-pemain di kancah sepak bola Asia Tenggara. Gengsi tinggi di tiap-tiap pertandingan membuat para pemain diprediksi bakal tampil total.

Setiap negara peserta memiliki pemain yang mencolok dengan potensi individual di atas rata-rata. Bahkan, keberadaan pemain-pemain tersebut bisa menjadi momok yang cukup menakutkan bagi para lawannya.

Beberapa merupakan wajah baru di kancah sepak bola Asia Tenggara. Namun, beberapa lainnya merupakan sosok lawas yang sudah sering mewarnai gelaran turnamen sepak bola di Asia Tenggara.


CNNIndonesia.com mencoba mengulas enam calon bintang di Piala AFF 2018. Berikut ulasannya:

1. Chan Vathanaka (Kamboja)

Chan Vathanaka disebut-sebut sebagai Messi dari Kamboja. Penampilan gemilang di Piala AFF 2016 membuat Chan banyak dilirik sejumlah klub di luar Kamboja.

Chan Vathanaka dilrik sejumlah klub di luar Kamboja. (Chan Vathanaka dilirik sejumlah klub di luar Kamboja. (HOANG DINH NAM / AFP)
Nama Chan melejit usai mencetak delapan gol dalam satu pertandingan di Liga Kamboja bersama Boeung Ket Angkor pada 2015. Bahkan, di tahun yang sama ia berhasil mencetak 35 gol di liga dan berhasil menjadi top scorer di semua liga domestik di Asia Tenggara kala itu.

Naluri mencetak golnya membuat pemain 24 tahun itu kini bakal menjadi salah satu ancaman yang cukup diperhitungkan lawan. Selama tampil di Timnas Kamboja sejak 2013, Chan sudah mengoleksi 14 gol dari 41 kali penampilan.

2. Stefano Lilipaly (Indonesia)

Penampilan memukau Stefano Lilipaly di Asian Games 2018 menjadi salah satu dasar namanya bakal kembali melambung di Piala AFF 2018.

Stefano Lilipaly kembali menjadi andalan Timnas Indonesia di Piala AFF 2018. (Stefano Lilipaly kembali menjadi andalan Timnas Indonesia di Piala AFF 2018. (AFP PHOTO / HOANG DINH NAM)
Lilipaly menjadi sosok yang cukup disegani lawan saat berhasil mencetak empat gol dan empat assist sebagai bukti kehebatannya di Timnas Indonesia. Duet maut bersama Alberto Goncalves di lini depan skuat Garuda bakal menjadi salah satu kekuatan utama.

3. Safawi Rasid (Malaysia)

Safawi Rasid menjadi pemain muda yang tengah naik daun di Malaysia. Di usianya yang masih 21 tahun, Rasid sudah tampil sebanyak sembilan kali dan mencetak tiga gol buat Timnas Malaysia.
6 Calon Bintang di Piala AFF 2018 Safawi Rasid (kiri) pemain muda Malaysia yang tengah bersinar. (MOHD RASFAN / AFP)
Keunggulan Rasid adalah kreativitasnya dalam membuat serangan, terutama dalam mengeksekusi bola-bola mati. Keberadaan Rasid menjadi momok yang cukup berbahaya bagi lini pertahanan tim yang berada di Grup A, yakni Vietnam, Myanmar, Kamboja dan Laos.

4. Thitipan Puangchan (Thailand)

Piala AFF 2018 bakal menjadi penampilan perdana gelandang Timnas Thailand, Thitipan Puangchan, setelah ia mengalami cedera di dua edisi sebelumnya. Pemain 25 tahun itu sudah mengoleksi lima gol dari 18 kali penampilannya bersama Tim Gajah Perang.

6 Calon Bintang di Piala AFF 2018 Thitipan Puangchan memperkuat Thailand di Piala AFF 2018 setelah sempat absen di dua edisi sebelumnya karena cedera. (Jewel SAMAD / AFP)
Dalam beberapa musim, Puangchan telah menjadi bintang sepak bola di Thailand. Piala AFF 2018 bakal menjadi salah satu ajang pembuktiannya buat publik Thailand.

Sebelumnya, Puangchan berhasil membawa Timnas Thailand U-19 memenangkan Piala AFF U-19 2011 dan tampil di Piala Asia U-19 2012. Pemain Bangkok Glass itu mencatatkan dua gol pertamanya buat Timnas senior Thailand saat menghadapi Lebanon di kualifikasi Piala Asia 2015 lalu serta membawa Thailand meraih medali emas di SEA Games 2015.

5. Nguyen Quang Hai (Vietnam)

Usia Nguyen Quang Hai masih 20 tahun saat ia tampil di Piala AFF pertamanya di 2018. Namun, namanya sudah disebut-sebut sebagai calon penerima gelar Most Valuable Player (MVP) dari Asia Football Federation (AFF).

6 Calon Bintang di Piala AFF 2018 Nguyen Quang Hai jadi pemain muda potensial timnas Vietnam di Piala AFF 2018. (Martin BUREAU / AFP)
Quang Hai baru 16 bulan melakoni debutnya bersama Timnas Vietnam di pertandingan internasional. Bakat mempesona yang ditampilkan Quang Hai di Liga Vietnam disebut telah memikat banyak hati klub-klub di Asia.

Piala AFF 2018 bakal menjadi panggung pembuktian buat Quang Hai yang sudah empat kali tampil bersama Timnas Vietnam dan mengoleksi satu gol tersebut.

6. Manny Ott (Filipina)

Filipina digadang sebagai salah satu tim terkuat yang difavoritkan untuk menjadi juara di ajang Piala AFF 2018. Salah satu sumber kekuatan The Azkals yakni kehadian kakak-beradiik Mike dan Manuel Ott.

Menempati posisi gelandang, permainan Manny Ott disebut cukup berkelas lewat caranya menjangkau bola yang melebar sampai ke sisi pinggir lapangan. Ott yang kini berusia 26 tahun juga disebut memiliki kemampuan untuk mendikte tempo pemainan.

Setumpuk pengalaman Ott bersama Timnas Filipina juga menjadi keuntungan tersendiri. Total, pemain berdarah campuran Jerman dan Filipina itu sudah memainkan 43 laga dan mencetak empat gol buat The Azkals. (TTF/bac)