Beto Sebut Timnas Indonesia Kelelahan di Piala AFF 2018

CNN Indonesia | Rabu, 14/11/2018 21:11 WIB
Beto Sebut Timnas Indonesia Kelelahan di Piala AFF 2018 Beto Goncalves mengakui Timnas Indonesia kelelahan di Piala AFF 2018. (CNN Indonesia/Adhi Wicaksono)
Jakarta, CNN Indonesia -- Striker Timnas Indonesia Beto Goncalves menyebut para pemain kelelahan saat tampil di Piala AFF 2018. Hal itu juga yang menjadi salah satu faktor perbedaan signifikan penampilan Skuat Garuda saat tampil di Asian Games dan di Piala AFF.

Beto mengatakan rasa lelah itu adalah akumulasi dari padatnya jadwal turnamen dan kompetisi yang ada di Indonesia. Apalagi, Timnas Indoensia hanya melakukan persiapan intensif selama sepekan jelang tampil di Piala AFF.

Materi pemain yang diturunkan saat Asian Games dan di Piala AFF juga disebut Beto hampir sama. Tercatat hanya lima wajah baru pemain yang masuk Skuat Garuda di Piala AFF 2018, yakni Andik Vermansah, Bayu Pradana, Fachruddin Aryanto, Dedik Setiawan dan Alfath Fathier.


Beto menganggap stamina jadi salah satu penghambat performa Timnas Indonesia. Beto mengesampingkan faktor pergantian pelatih sebagai salah satu sebab menurunnya permainan skuat Garuda.
Beto Sebut Timnas Indonesia Kelelahan di Piala AFF 2018Timnas Indonesia mengalami kesulitan saat menghadapi Timor Leste. (CNN Indonesia/Adhi Wicaksono)
"Menurut saya mungkin karena tim lain, seperti Thailand dan Malaysia liga mereka sudah selesai jadi mereka lebih segar. Tapi kita, liganya masih main. Saya sendiri selama tahun ini sudah main di Piala Presiden, Piala Gubernur Kaltim, Liga 1, Asian Games dan sebelumnya ada TC [training camp], jadi capek juga. Itu mungkin jadi faktor juga," kata Beto kepada CNNIndonesia.com, Rabu (14/11).

Menjelang akhir tahun kompetisi Liga 1 juga belum selesai, bahkan memasuki fase krusial. Hal itu membuat pemain tidak memiliki waktu yang cukup untuk istirahat maksimal.

Timnas Indonesia juga hanya memiliki waktu persiapan selama sepekan sebagai persiapan tampil di Piala AFF. Sejak resmi dipanggil, Beto dkk menjalani latihan mulai 2 sampai 7 November sebelum berangkat ke Singapura untuk melakoni laga perdana di Grup B Piala AFF 2018.

"Di Asian Games masih ada waktu sedikit lebih lama untuk persiapan. Tapi untuk Piala AFF, kita persiapan cuma seminggu saja. Sedangkan tim lain, minimal satu bulan persiapan. Jadi, mungkin itu bedanya," ungkap pemain naturalisasi asal Brasil itu.

Beto mengaku bingung kenapa Timnas Indonesia bisa kalah 0-1 dari Singapura di laga perdana. Padahal, 90 persen pemain yang diturunkan merupakan tim yang sama seperti di Asian Games, hanya Rizky Pora saja yang masuk sebagai pemain di luar skuat Asian Games.

"Tapi kami tidak bisa [menang] karena mungkin faktor kelelahan. Semangat mereka [Singapura] sepertinya lebih dari kita. Akumulasi dari satu tahun terakhir jadi semua merasa capek. Kita kan manusia, bukan robot," ujarnya.
Beto Goncalves menyumbang satu gol untuk Timnas Indonesia di laga lawan Timor Leste.Foto: CNN Indonesia/Adhi Wicaksono
Beto Goncalves menyumbang satu gol untuk Timnas Indonesia di laga lawan Timor Leste.
Timnas Indonesia baru saja mengantongi tiga poin usai menang 3-1 atas Timor Leste di Stadion Utama Gelora Bung Karno (SUGBK), Senayan, Selasa (13/11). Selanjutnya, Beto dan kawan-kawan akan menantang juara bertahan, Thailand di Stadion Rajamangala, Sabtu (17/11).
Hanya beristirahat semalam, Timnas Indonesia sudah bertolak ke Bangkok, Thailand, Rabu (14/11) sore.

"Kita tiga jam perjalanan ke Thailand. Kita datang dalam keadaan capek. Sedangkan Thailand kemarin tidak main jadi mereka lebih segar," kata Beto. (TTF)