Klasemen Piala AFF Usai Timnas Indonesia Kalah dari Thailand

CNN Indonesia | Sabtu, 17/11/2018 22:28 WIB
Klasemen Piala AFF Usai Timnas Indonesia Kalah dari Thailand Timnas Indonesia terancam gagal lulus dari fase grup Piala AFF 2018. (CNN Indonesia/Adhi Wicaksono)
Jakarta, CNN Indonesia -- Timnas Indonesia mengalami penurunan peringkat pada klasemen Piala AFF 2018 setelah kalah 2-4 dari Thailand pada laga ketiga fase grup, Sabtu (17/11).

Tanpa poin dan kebobolan empat kali di Stadion Rajamangala memiliki pengaruh besar kepada anak asuh Bima Sakti yang kini menempati peringkat keempat atau turun dua peringkat dari posisi sebelumnya.

Sempat unggul berkat gol Zulfiandi pada menit ke-29, Timnas Indonesia lantas kebobolan empat gol. Sebuah gol di pengujung laga dari Fachruddin Wahyudi Aryanto hanya mampu memperkecil kedudukan.


Timnas Indonesia yang meraih tiga poin dari tiga laga kini berada di bawah Thailand, Filipina, dan Malaysia.

Hansamu Yama Pranata tertinggal dua poin dari Thailand dan Filipina. Baik The Elephant War dan The Azkals meraih dua kemenangan dari dua laga.

Ketika Indonesia kalah dari Thailand, di saat yang sama Filipina berhasil meraih kemenangan 3-2 atas Timor Leste di Kuala Lumpur, Malaysia.

Sementara dengan Singapura, Timnas Indonesia kalah selisih gol. Singapura yang mendapat jatah istirahat pada matchday tanggal 17 November memiliki poin yang sama dengan Timnas Indonesia.

Timnas Singapura meraih kemenangan 1-0 atas Indonesia dan kalah 0-1 dari Filipina sehingga selisih gol The Lions seimbang. Sementara Timnas Indonesia mencetak lima gol dan kebobolan enam.

Timnas Indonesia hanya memiliki sisa satu pertandingan, yakni menghadapi Filipina pada 25 November di Stadion Utama Gelora Bung Karno. Dengan satu pertandingan saja, maka poin maksimal yang bisa diraih Tim Merah Putih adalah enam.

Peluang melaju ke semifinal masih tersisa bagi Timnas Indonesia asalkan bisa meraih kemenangan dengan skor besar ketika menjamu Filipina, sembari berharap Filipina kalah dari Thailand pada laga 21 November.

Untuk lulus dari fase grup, Timnas Indonesia juga harus berharap Singapura hanya meraih maksimal tiga poin dari dua laga sisa yang mereka hadapi, yakni bertemu Timor Leste dan Thailand.

Klasemen Sementara Grup B Piala AFF

Negara              Selisih Gol  Poin
1. Thailand         9                6
2. Filipina           2                6
3. Singapura      0                3
4. Indonesia      -1               3
5. Timor Leste   -10             0 (nva/jun)