Kapten Filipina Prediksi Fan Timnas Indonesia Tak Penuhi GBK

CNN Indonesia
Sabtu, 24 Nov 2018 18:56 WIB
Jelang tampil di Jakarta, Minggu (25/11), Phil Younghusband memprediksi suporter Timnas Indonesia tidak akan memenuhi Stadion Utama Gelora Bung Karno. Phil Younghusband (kanan) mendatangi konferensi pers jelang laga antara Timnas Indonesia dan Filipina. (CNN Indonesia/Titi Fajriyah)
Jakarta, CNN Indonesia -- Phil Younghusband punya memori tak terlupakan saat tampil di Stadion Utama Gelora Bung Karno (SUGBK). Jelang tampil di Jakarta pada Piala AFF 2018, Minggu (25/11), Phil memprediksi suporter Timnas Indonesia tidak akan memenuhi SUGBK.

Phil sudah mencicipi atmosfer SUGBK yang begitu meriah saat jumpa di babak semifinal Piaa AFF 2010. Kala itu, tercatat ada 79 ribu suporter yang hadir langsung ke SUGBK.

"Delapan tahun lalu [stadion] itu penuh, luar biasa. Pengalaman 2010 itu sangat berbeda, atmosfernya beda. Satu jam sebeum pertandingan, penonton sudah sangat banyak yang hadir. Waktu itu saya coba bicara dengan teman saya di lapangan, tapi tidak bisa karena terlalu berisik," kata Phil kepada media, Sabtu (24/11).

Namun, Phil menyadari hal yang sama tidak akan terulang pada lawatannya ke Indonesia kali ini. Jumlah penonton yang hadir, diprediksi pemain 31 tahun itu tidak akan sefantastis delapan tahun lalu.

"Stadion baru mungkin kapasitasnya sekitar 76 ribu. Mugkin besok yang datang 15 ribu [penonton]," ujarnya.
Tribune Stadion Utama Gelora Bung Karno tidak dipenuhi suporter ketika Timnas Indonesia menjamu Timor Leste.Tribune Stadion Utama Gelora Bung Karno tidak dipenuhi suporter ketika Timnas Indonesia menjamu Timor Leste. (CNN Indonesia/Adhi Wicaksono)
Selain atmosfer stadion yang berbeda, Phil juga yakin hasil yang tidak sama akan menjadi hasil akhir di SUGBK. Pemain yang pernah mendapat gemblengan di akademi Chelsea itu yakin Filipina tidak akan mendapat hasil seperti delapan tahun lalu.

"Kami percaya [pada tim] dan akan mencoba main seperti gaya main kita sejak awal [di Piala AFF] dan kita percaya dengan tim yang berbeda, gaya berbeda, hasilnya pun akan berbeda, tidak seperti 2010," sebut Phil.
Skuat Filipina kali ini diperkuat tiga pemain yang turut bertandang ke Jakarta pada delapan tahun lalu. Selain Phil, terdapat pula sang kakak James Younghusband serta kiper Neil Etheridge.

Tiga pemain tersebut ketika itu berada di bawah arahan pelatih Simon McMenemy yang kini menjadi juru latih Bhayangkara FC di Liga 1. (nva/nva)
SAAT INI
BERITA UTAMA
REKOMENDASI
TERBARU
LAINNYA DI DETIKNETWORK
LIVE REPORT
LIHAT SELENGKAPNYA

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

TERPOPULER