Usai Latih Timnas Indonesia, Bima Sakti Berpeluang ke Liga 2

CNN Indonesia | Kamis, 13/12/2018 18:18 WIB
Usai Latih Timnas Indonesia, Bima Sakti Berpeluang ke Liga 2 Usai dari Timnas Indonesia, Bima Sakti berpeluang melatih Persiba Balikpapan di Liga 2. (CNN Indonesia/Adhi Wicaksono)
Jakarta, CNN Indonesia -- Usai melatih Timnas Indonesia, Bima Sakti berpeluang menjalani karier kepelatihan di kompetisi Liga 2 2019 bersama Persiba Balikpapan.

Seperti dilansir Antara, Persiba saat ini beralih ke manajemen baru dan bertekad promosi kembali ke Liga 1. Seperti diketahui, skuat Beruang Madu terdegradasi dari Liga 1 pada 2017. Namun pada Liga 2 musim ini, klub tersebut belum mampu memenuhi ambisi kembali ke Liga 1.

Manajer Persiba Rahmad Masud mengaku sudah menjalin kontak dengan Bima Sakti terkait kemungkinan mantan asisten Luis Milla itu kembali ke tim Beruang Madu.

Terkait kepastian posisi Bima Sakti di Persiba, Masud belum mau berbicara lebih rinci lagi terkait negosiasi mereka. Namun berdasarkan sumber Antara dari Persiba, posisi pasti Bima Sakti masih sebatas opsi untuk menjadi pelatih kepala atau asisten pelatih.


Bima Sakti tak mampu membawa Timnas Indonesia lolos ke semifinal Piala AFF 2018. (Bima Sakti tak mampu membawa Timnas Indonesia lolos ke semifinal Piala AFF 2018. (Foto: CNN Indonesia/Adhi Wicaksono)
Pasalnya, manajemen Beruang Madu kabarnya saat ini masih menggodok dua nama kandidat pelatih lainnya yakni Angel Alfredo Vera dan Peter Butler.

Alfredo Vera pernah sukses membawa Persebaya Surabaya promosi dari Liga 2 ke Liga 1 pada 2017. Sementara Peter Butler, merupakan sosok pelatih yang sudah malang-melintang di kompetisi dalam negeri maupun di Malaysia.

Butler juga sudah tak asing lagi bagi publik sepak bola pendukung Persiba karena juru taktik asal Inggris itu pernah menangani klub tersebut pada 2006 hingga 2008.

Jika manajemen merekrut salah satu dari pelatih asing itu, Bima Sakti bakal diplot sebagai asisten pelatih. Namun jika pihak klub batal merekrut mereka, mantan pemain Timnas Indonesia jebolan Primavera itu kemungkinan menjadi pelatih kepala.

Masud sendiri menyatakan keseriusannya untuk membawa Persiba kembali ke Liga 1 pada kompetisi Liga 2 musim depan.

"Memang tekad saya dan kami semua mengembalikan Persiba ke Liga 1, ke level tertinggi sepakbola nasional," kata Rahmad Masud yang juga Wakil Wali Kota Balikpapan itu, seperti dikutip dari Antara.

Sementara itu, Bima Sakti juga enggan menjawab lebih rinci terkait negosiasinya dengan manajemen Persiba.

"Nanti dikabari," ujar Bima Sakti kepada Antara, tanpa mau bicara lebih jauh.

Bima memang bercita-cita untuk kembali ke Balikpapan dan melatih klub kampung halamannya itu. Ia pun memulainya dengan menjadi asisten pelatih dan masih merangkap sebagai pemain. Pada musim 2016, ia pernah mendampingi pelatih asal Brasil Jaino Matos. (Antara/bac)