7 Fakta Impresif Mourinho Meski Dipecat Man United

CNN Indonesia | Selasa, 18/12/2018 22:02 WIB
7 Fakta Impresif Mourinho Meski Dipecat Man United Jose Mourinho pernah mempersembahkan trofi Liga Europa untuk Manchester United. (Reuters / Phil Noble)
Jakarta, CNN Indonesia -- Jose Mourinho tetap pelatih yang meninggalkan jejak-jejak sukses kendati statusnya saat ini dipecat Manchester United, termasuk menyisakan tujuh catatan impresif sebagai manajer bertabur gelar juara.

Karier Mourinho kembali terhenti di tengah jalan usai Manchester United memecatnya pada Selasa (18/12). Kekalahan telak Setan Merah dari Liverpool 1-3 pada Liga Inggris 2018/2019 di Stadion Anfield membuat pihak klub mengambil langkah cepat memberhentikannya.

Desember menjadi bulan yang buruk bagi Mourinho. Sebelum di Setan Merah, ia juga dipecat Chelsea pada 17 Desember.


Di Man United, Mourinho belum sempat merasakan gelar juara bergengsi di level domestik seperti Liga Primer Inggris. Meski begitu, ia pernah mengantarkan Setan Merah juara Piala Liga 2016/2017 dan trofi Liga Europa di musim yang sama.

Mourinho juga tetap masih masuk dalam deretan pelatih sukses yang selalu memenangi gelar di negara-negara tempat klub ia melatih.

Jose Mourinho mempersembahkan Piala Liga untuk Manchester United. (Jose Mourinho mempersembahkan Piala Liga untuk Manchester United. (Foto: Reuters / Carl Recine)
Berikut tujuh catatan impresif pelatih asal Portugal tersebut sebagai salah satu juru taktik terbaik dikutip dari Opta:

1. Jose Mourinho sebagai pelatih juara yang selalu memenangkan trofi pada setiap negara klub-klub yang pernah ditanganinya.

2. The Special One menjadi satu-satunya manajer yang pernah memenangkan trofi Liga Champions dan Liga Europa lebih dari satu kali kesempatan.

3. Jose Mourinho satu dari tiga manajer yang pernah memenangkan gelar Piala Liga dan Piala FA dalam satu musim. Sebanyak dua manajer lainnya yang sukses memiliki catatan itu adalah George Graham dan Gerard Houllier.

4. Antara 2002 hingga 2011, Jose Mourinho masih tak terkalahkan dalam 150 laga kandang yaitu saat menangani Porto, Chelsea, Inter Milan, dan Real Madrid,

5. Jose Mourinho masuk dalam lima pelatih yang memiliki persentase kemenangan bagus setidaknya 50 persen lebih di Liga Primer Inggris. Empat pelatih di atasnya antara lain Pep Guardiola, Antonio Conte, Sir Alex Ferguson, dan Carlo Ancelotti.

6. The Special One menjadi satu-satunya manajer yang pernah merah 50 dan 100 kemenangan di Liga Primer Inggris lebih cepat dari manajer-manajer lainnya di kompetisi tersebut.

7. Pada seluruh turnamen domestik dan Eropa yang pernah dilaluinya, Jose Mourinho merah 12 kemenangan dalam 15 laga final (terkecuali Piala Super) di turnamen itu.