Neville: Karier Mourinho di MU Sudah Habis Sejak Awal Musim

Tim, CNN Indonesia | Selasa, 18/12/2018 18:14 WIB
Neville: Karier Mourinho di MU Sudah Habis Sejak Awal Musim Jose Mourinho resmi dipecat Manchester United pada Selasa (18/12) setelah mendapatkan berbagai hasil negatif pada musim ini. (REUTERS/Stefano Rellandini)
Jakarta, CNN Indonesia -- Gary Neville tidak heran dengan keputusan Manchester United memecat Jose Mourinho pada Selasa (18/12) ini dan mengatakan bahwa hal itu sudah terprediksi sejak awal musim.

Neville, mantan pemain Setan Merah yang kini menjadi komentator, mendasarkan hal itu pada hubungan Mourinho dengan manajemen klub.

"Momen-momen sebelumnya di awal musim, ketika sangat jelas terlihat bahwa dewan pengurus klub memutuskan mereka tidak mau mendukung beberapa pembelian Jose Mourinho, saat itulah (karier) Anda habis sebagai manajer," kata Neville soal pemecatan Mourinho, seperti dikutip dari The Guardian.


MU kalah 1-3 dari Liverpool di laga terakhir Mourinho sebagai pelatih. MU kalah 1-3 dari Liverpool di laga terakhir Mourinho sebagai pelatih.  (Reuters/Carl Recine)

Neville menyebut perselisihan antara Mourinho dan klub ini terjadi ketika sang pelatih ingin membeli bek tengah dan telah memberikan daftar nama kepada klub. Namun klub kemudian menolak nama-nama yang ia ajukan.

"Klub tentu saja punya kemampuan dan hak untuk menolak para pemain itu, jika mereka merasa hal itu tidak benar. Namun Anda harus paham konsekuensinya," ujar Neville.
"Bahwa sekali Anda merendahkan seorang pelatih, atau tidak setuju dengan pembeliannya, dan Anda melawan mereka --sekalipun karena alasan yang benar-- Anda harus siap-siap berbenturan. Apalagi jika manajernya sekelas Mourinho."

MU resmi memecat Mourinho pada hari ini setelah pelatih asal Portugal itu mendapatkan hasil negatif di berbagai ajang. Saat ini Setan Merah berada di posisi 6 di klasemen sementara Liga Inggris, dengan raihan 26 poin, terpaut 19 poin dari puncak.

Jose Mourinho dipecat MU pada Selasa (18/12). Selama melatih, ia merebut dua gelar bersama Setan Merah.Jose Mourinho dipecat MU pada Selasa (18/12). Selama melatih, ia merebut dua gelar bersama Setan Merah. (REUTERS/Carl Recine)
"Manchester united telah mengumumkan Jose Mourinho telah meninggalkan klub. Kami ingin mengucapkan terima kasih atas pekerjaannya selama di Manchester United dan berharap dia sukses di masa depan," demikian bunyi pernyataan klub di Twitter.

Mourinho diklaim bisa menerima dana kompensasi £24 juta atau setara RP441 miliar karena pemecatan itu.

Selama melatih Setan Merah, Mourinho meraih Liga Europa, Piala Liga Inggris, dan mengantarkan mereka ke final Piala FA.

(vws)