Filipina Tersingkir dari Piala Asia 2019

jun, CNN Indonesia | Rabu, 16/01/2019 22:31 WIB
Filipina Tersingkir dari Piala Asia 2019 Timnas Filipina tersingkir di Piala Asia 2019. (Courtesy of affsuzukicup.com)
Jakarta, CNN Indonesia -- Timnas Filipina tersingkir dari Piala Asia 2019 setelah takluk 1-3 dari Kirgistan pada laga pamungkas fase Grup C di Stadion Rashid, Dubai, Rabu (16/1).

Seluruh gol Kirgistan diborong Vitalij Lux yang tampil gemilang. Sementara gol hiburan Filipina dicetak Stephan Schrock di menit ke-81.

Merujuk statistik yang dihimpun Soccerway, Azkals sebenarnya mampu mendominasi penguasaan bola sebanyak 54 persen berbanding 46 persen milik Kirgistan.


Namun, Kirgistan tampil lebih efektif dengan menghasilkan delapan tembakan mengarah ke gawang termasuk tiga gol ke gawang kiper Michael Falkesgaard. Sementara Filipina hanya menghasilkan tiga on target.

Hasil ini membuat Kirgistan berpeluang besar lolos ke babak 16 besar Piala Asia lewat jalur peringkat ketiga terbaik dengan raihan tiga poin.

Adapun Filipina yang dilatih Sven Goran Eriksson terpaksa angkat koper lebih cepat usai menelan tiga kekalahan beruntun. Kehadiran mantan pelatih timnas Inggris tersebut belum bisa mendongkrak level Filipina di kancah sepak bola Asia.

Phil Young Husband dan kawan-kawan gagal mengikuti jejak Thailand sebagai wakil Asia Tenggara yang berhasil lolos ke fase gugur.

Sementara itu, puncak klasemen Grup C direbut Korea Selatan yang baru saja diperkuat bintang Tottenham Hotspur, Son Heung-Min. Korsel mengoleksi sembilan poin setelah di laga terakhir sukses mengalahkan China yang harus puas jadi runner up. (jun/jun)