Daftar Delapan Tim di Perempat Final Piala Asia 2019

CNN Indonesia | Rabu, 23/01/2019 06:00 WIB
Daftar Delapan Tim di Perempat Final Piala Asia 2019 Qatar tim terakhir yang lolos ke perempat final Piala Asia 2019. (REUTERS/Suhaib Salem)
Jakarta, CNN Indonesia -- Sebanyak delapan tim sudah memastikan lolos ke babak perempat final Piala Asia 2019 dan berikut tim-tim tersebut.

Timnas Vietnam jadi kesebelasan pertama yang tembus ke babak perempat final. Skuat The Golden Star secara mengejutkan mampu menyingkirkan Yordania melalui adu penalti setelah laga waktu normal berakhir dengan skor 1-1.

Vietnam juga memastikan menjadi satu-satunya tim negara Asia Tenggara yang lolos dari babak 16 besar Piala Asia 2019.


Thailand gagal mengikuti jejak negara tetangganya itu. Skuat Gajah Perang kalah 1-2 dari China pada laga yang berlangsung di Stadion Hazza bin Zayed, Minggu (20/1) tersebut.

Korea Selatan lolos ke perempat final Piala Asia 2019 menyingkirkan Bahrain. (Korea Selatan lolos ke perempat final Piala Asia 2019 menyingkirkan Bahrain. (Foto: REUTERS/Thaier Al-Sudani)
China pun menjadi negara berikutnya yang lolos ke babak perempat final Piala Asia 2019.

Tim Negeri Tirai Bambu itu tentu tak sendiri sebagai negara dari Asia Timur yang melangkah ke fase lanjutan itu. Ada dua negara adidaya sepak bola Asia lain yakni Jepang dan Korea Selatan yang juga sudah memastikan tiket.

Jepang berhasil melangkah setelah mengalahkan salah satu tim raksasa di Timur Tengah, Arab Saudi, dengan skor 1-0. Gol tunggal kemenangan Samurai Biru dicetak oleh Takehiro Tomiyasu pada menit ke-20.

Korsel juga memastikan perempat final usai mengalahkan Bahrain dengan skor 2-1 pada laga yang berlanjut hingga babak tambahan waktu.

Satu lagi negara langganan Piala Dunia, Australia, melenggang usai mengalahkan Uzbekistan. The Socceroos susah payah menang atas lawannya itu melalui adu penalti 4-2 setelah laga berakhir imbang tanpa gol meski sudah masuk babak tambahan waktu.

Tim tuan rumah lolos setelah menang 3-2 melalui babak tambahan waktu atas Kirgistan. Dengan demikian, tak ada satu pun wakil dari Asia Tengah di perempat final.

Sisanya merupakan dua Timur Tengah yang memastikan lolos yakni Iran dengan menyingkirkan Oman dan Qatar mengalahkan Irak.

Babak perempat final ajang sepak bola terbesar di Benua Asia itu bakal digelar pada 24 dan 25 Januari.

Daftar Tim di Perempat Final Piala Asial 2019
China vs Iran
Vietnam vs Jepang
Korsel vs Qatar
Uni Emirat Arab vs Australia (bac/bac)